Pangkalpinang (ANTARA) - Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghentikan sementara operasional pelayanan penyeberangan penumpang dan barang mulai Jumat (21/4) hingga Senin (23/4).

"Mulai besok pelayanan dihentikan sementara, baik untuk penumpang orang maupun barang, karena jumlah penumpang semakin sedikit, baik yang akan berangkat maupun yang tiba di Pelabuhan Pangkalbalam," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Pangkalbalam Dhanurpandu di Pangkalpinang, Kamis.

Baca juga: Sebanyak 3.066 pemudik tinggalkan Bangka melalui Pangkalbalam

Operasional di Pelabuhan Pangkalbalam dilaksanakan menyesuaikan jumlah penumpang orang dan angkutan barang, dan berdasarkan data yang ada jumlah calon penumpang semakin sedikit, bahkan cenderung sepi.

Ia mengatakan pada hari ini merupakan operasional pelayanan penyeberangan hari terakhir sebelum Idul Fitri 1444 Hijriah, karena dilihat dari kondisi penumpang maupun angkutan barang sudah cukup sepi.

"Operasional akan mulai berjalan lagi pada 24 April 2023," ujarnya.

Dhanurpandu mengatakan untuk arus mudik hingga hari ini semua bisa berjalan dengan lancar, tidak ada antrean, semuanya aman dan nyaman. Diharapkan kondisi ini juga berlangsung pada saat pelayanan arus balik.

Untuk total jumlah penumpang yang dilayani melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang pada 19 April 2023 sebanyak 7.122 orang dengan rincian penumpang yang berangkat sebanyak 4.638 orang dan penumpang tiba 2.484 orang.

Baca juga: 42.972 warga Bangka mudik melalui Pelabuhan Pangkalbalam

Baca juga: Pemudik padati terminal penumpang kapal Pelabuhan Pangkalbalam


Jika dibandingkan dengan tahun 2022, mengalami tren kenaikan sebanyak 15 persen dan penumpang tiba mengalami penurunan 28 persen. Jika dihitung secara keseluruhan terjadi penurunan tiga persen.

"Untuk jumlah penumpang arus mudik terbanyak tercatat pada 16 April 2023, yaitu sebanyak 1.118 orang, dengan rincian 729 penumpang yang berangkat dan 389 penumpang tiba," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023