"Kami imbau saat hendak bepergian jauh hendaknya pemilik rumah memberitahu tetangga sebelah atau melapor ke ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat,"
Palu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu, Sulawesi Tengah, Kombes (Pol) Barliansyah mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk memastikan kondisi rumah aman sebelum ditinggalkan dalam keadaan kosong.
 
"Kami imbau saat hendak bepergian jauh hendaknya pemilik rumah memberitahu tetangga sebelah atau melapor ke ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat," kata Barliansyah di Palu, Kamis.
 
Ia mengatakan, pihak RT atau RW setempat bisa melaporkan rumah-rumah kosong kepada pihak kepolisian untuk pengawasan sehingga memudahkan anggota kepolisian yang berpatroli mengetahui tiap-tiap rumah yang ditinggal.
 
Menurut Barliansyah, hal itu dapat mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi saat rumah dalam keadaan kosong.
 
Barliansyah juga menekankan masyarakat untuk selalu mengecek serta memastikan rumah sudah dalam keadaan terkunci dan listrik dalam keadaan mati.
 
"Pastikan kondisi rumah aman saat akan meninggalkan rumah dengan selalu mengunci pintu, jendela dan mematikan kompor serta perangkat listrik yang tidak dibutuhkan, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran dan lainnya," katanya.
 
Barliansyah juga mengimbau pemudik untuk memastikan kondisi fisik sehat saat melakukan perjalanan agar dapat menghindari angka kecelakaan.
 
"Kami menyediakan pos di sepanjang jalur mudik, masyarakat yang lelah dalam perjalanan sangat dianjurkan untuk beristirahat di pos yang telah didirikan. Hal tersebut guna melayani masyarakat sehingga dapat melakukan perjalanan dengan aman dan selamat tiba tujuan," katanya.
 
Ia meminta kepada masyarakat untuk saling bahu membahu dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta selalu waspada sehingga dapat menghindar dari tindak kejahatan ataupun hal buruk yang tidak diinginkan.

Adapun, Operasi Ketupat Tinombala 2023 guna meminimalisir terjadinya gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalulintas selama mudik Lebaran tersebut telah dimulai sejak Selasa (18/4) dan akan berakhir pada tanggal 2 Mei 2023.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023