Banyumas (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas menyebutkan puncak arus mudik Lebaran 2023 dari arah jalur pantura Jawa Tengah menuju jalur tengah maupun jalur selatan melalui Ajibarang telah terlewati.

"Siang ini (20/4) arus kendaraan relatif landai, puncak arus mudik kemungkinan sudah terlewati," kata Kepala Satlantas Polresta Banyumas Komisaris Polisi Bobby Anugrah Rachman di Pos Pengamanan Lebaran 2023, Simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Baca juga: Polda Jateng beri pengawalan pemudik bersepeda motor

Ia mengatakan hal tersebut berdasarkan hasil penghitungan yang dilakukan oleh petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas terhadap volume kendaraan yang masuk wilayah Banyumas dari arah pantura.

Dalam hal ini, kata dia, volume kendaraan yang memasuki wilayah Banyumas pada tanggal 18 April mencapai kisaran 25.000 unit, sedangkan pada 19 April mencapai kisaran 37.000 unit.

Baca juga: Ganjar cek perbaikan jalur Pantura Jateng jelang arus mudik

Kendati arus kendaraan relatif landai, dia mengimbau para pemudik terutama yang mengendarai sepeda motor untuk tetap mematuhi batas kecepatan kendaraan agar selamat sampai tujuan.

"Jangan memaksakan diri untuk berkendara jika merasa lelah atau mengantuk, istirahatlah dahulu. Ingat, keluarga menunggu di rumah," katanya.

Hingga Kamis (20/4) siang, arus kendaraan dari arah jalur pantura Jateng yang melintas di Ajibarang relatif landai.

Baca juga: Warung Thower di Pantura Pati bisa jadi alternatif "rest area" pemudik

Arus mudik yang hendak menuju sejumlah kota di wilayah tengah maupun selatan Jateng itu didominasi pemudik bersepeda motor yang rata-rata memacu kendaraannya dengan kecepatan cukup tinggi.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023