Denpasar (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencatat alokasi uang tunai di anjungan tunai mandiri (ATM) di Bali sebesar Rp228 miliar atau turun 30 persen dibandingkan 2022 saat libur Lebaran karena transaksi digital.

“Kebutuhan kas ATM telah disesuaikan dengan aktivitas pergeseran yang masif ke digital,” kata Pemimpin Wilayah BNI Bali dan Nusa Tenggara A A Agustiya Novitayanti di Denpasar, Kamis.

Bank BUMN itu mengoptimalkan kanal-kanal transaksi digital selama libur Lebaran untuk meminimalkan penggunaan uang tunai.

Meski terjadi pergeseran transaksi dari konvensional ke digital, namun kebutuhan uang tunai di ATM tetap menjadi perhatian.

Ia menyebutkan penyediaan uang tunai di ATM pada periode libur Lebaran tahun ini sebesar Rp228 miliar itu juga telah diproyeksi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk menjaga ketersediaan uang tunai di ATM, pemantauan dilakukan secara daring otomatis oleh sistem perbankan yang dapat dipantau saat itu juga (real time).

Apabila jumlah kas telah mendekati minimum 25 persen akan dilakukan pengisian kembali sehingga layanan terhadap kebutuhan uang tunai melalui kanal ATM tidak terkendala.

Hingga saat ini tercatat sebanyak 340 unit ATM termasuk mesin setor dan tarik tunai atau CRM, terdiri dari 180 ATM dan 160 CRM di wilayah Bali.

Untuk menjaga keandalan ATM saat libur Lebaran, BNI memiliki sistem pemantauan secara daring oleh sistem serta bekerja sama dengan mitra kerja untuk pengelolaan termasuk proses pengisian uang tunai dan penanganan gangguan.

Sebelum periode libur Lebaran, seluruh ATM/CRM telah menjalani proses perawatan untuk menjaga kualitas layanan ATM. Selain itu, seluruh tim pengelola ATM juga bersiaga 24 jam,” katanya.

Sementara itu, pihaknya juga membuka layanan terbatas selama libur Lebaran yakni khusus setoran BBM Pertamina pada 20 dan 24 April 2023 mulai pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WITA di Kantor Cabang Pembantu (KCP) Gatot Subroto Denpasar.

Sedangkan untuk transaksi setoran, penarikan, pemindahbukuan, pembukaan rekening BNI, setoran BBM Pertamina, transaksi bank notes dapat dilakukan pada 19 dan 25 April 2023 mulai pukul 09.00-14.00 WITA di Kantor Cabang Renon dan Kantor Cabang Singaraja.

Baca juga: BNI himpun DPK senilai Rp743,7 triliun pada kuartal I-2023
Baca juga: BNI berhasil salurkan kredit senilai Rp634,3 triliun di kuartal I-2023
Baca juga: BNI cetak laba bersih Rp5,2 triliun di kuartal I-2023, naik 32 persen

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023