Dengan demikian tidak ada pelayanan pengangkutan sampah dari TPS Kota Bandung ke TPA Sarimukti
Bandung (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung mengajak masyarakat untuk mengurangi produksi sampah saat momen Lebaran 2023 karena Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti Kabupaten Bandung Barat tidak beroperasi saat Hari Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Dengan demikian tidak ada pelayanan pengangkutan sampah dari TPS Kota Bandung ke TPA Sarimukti," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung Dudy Prayudi dalam keterangan tertulis di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Dalam meminimalisir produksi sampah, selain diminta untuk bisa dilakukan sejak di rumah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung mengimbau warga untuk sementara tidak membuang sampah ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Termasuk titik kumpul di pinggir jalan atau membuang sampah di sembarang tempat," ucap Dudy Prayudi.

Baca juga: Menteri LHK imbau pemudik tak buang sampah sembarangan

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung juga mengatakan ada beberapa kiat untuk mengurangi atau menahan sampah saat Hari Raya Idul Fitri, seperti menggunakan kemasan ramah lingkungan atau wadah yang bisa digunakan kembali, serta kantong kain yang dapat dicuci dan dipakai kembali.

Selain itu hindari penggunaan kemasan plastik, styrofoam, atau bahan sekali pakai lainnya. Kemudian memilih bahan makanan yang tahan lama atau tidak mudah busuk seperti kue kering, biskuit, buah yang sudah dikeringkan, dan membeli bahan makanan dengan jumlah yang tepat agar tidak terbuang sia-sia.

"Mari jaga lingkungan mulai dari diri sendiri," ucapnya.

Baca juga: Bandung turunkan 1.968 petugas kebersihan selama libur Lebaran

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023