bisa dimulai dari rumah
Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta meminta warga ikut memilah sampah  di lingkungannya sehubungan dengan pengoperasian tempat pengolahan sampah (TPS) berkonsep kurangi, pakai kembali, dan daur ulang atau reduce, reuse, dan recycle (TPS 3R) di sejumlah lokasi.

"Pemilahan sampah bisa dimulai dari rumah," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, Jumat, usai peresmian TPS berkonsep 3R di Jalan Siaga Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang memiliki kapasitas 50 ton per hari.
 
Dia juga menuturkan kehadiran TPS 3R ini diharapkan dapat memisahkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik, sambung, dia, nantinya dijadikan kompos, sementara sampah anorganik dibawa ke bank sampah.
 
"Ke depannya memang kita upayakan sampah dari rumah tangga bisa terpilah dengan mengurangi beban yang masuk ke TPA (tempat pembuangan sampah akhir)," tutur Asep.
 
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan infrastruktur yang berlokasi di Jalan Siaga, Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu dengan luas 600 meter persegi itu akan dikelola oleh Suku Dinas LH Jakarta Selatan.

Dia berharap adanya TPS 3R dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengurangi sampah yang dibawa ke Bantargebang.
 
TPS 3R merupakan fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar serupa Refuse Derived Fuel (RDF) Plant di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, namun untuk skala kecamatan.

Di TPS 3R, sampah rumah tangga dipilah dan diolah. Kemudian, khusus untuk sampah kering nantinya dijadikan bahan bakar alternatif industri manufaktur.
 
Satu TPS 3R dikatakan bisa mengolah sampah 25 hingga 50 ton per hari. Pengelolaan sampah melalui TPS 3R diharapkan mampu mengatasi volume sampah dari Jakarta ke Bantargebang yang jumlahnya mencapai 7.500 ton sampah per hari.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan membangun TPS 3R di 44 kecamatan untuk mengurangi volume sampah dan tahun ini rencananya empat TPS akan dibangun.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan beberapa TPS berkonsep serupa antara lain di Ciracas, Jakarta Timur; lalu di Rawasari, Jakarta Pusat; di Meruya Selatan, Jakarta Barat pada akhir Januari lalu.
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024