"Apabila kelelahan lebih baik istirahat dan pastikan kelengkapan untuk kendaraan maupun pengemudi sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat menghindari dari akibat-akibat yang fatal,"
Mukomuko (ANTARA) -
Arus mudik hingga  H-2 Lebaran yang melewati Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengalami peningkatan sekitar 50 persen.
 
"Beberapa hari yang lalu arus mudik sekitar 20 persen kendaraan roda dua dan empat yang melintas di Jalinsum daerah ini, hari ini meningkat 50 persen," kata Kasat Lantas Kepolisian Resor Mukomuko AKP Fery Oktaviari Pratama di Mukomuko, Kamis.
 
Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil pemantauan personel Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Mukomuko sejak beberapa hari terakhir arus mudik kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Sumatera di daerah ini.
 
Personel Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Mukomuko bersama dengan petugas jalan raya dari Dinas Perhubungan melakukan pemantauan sejak pagi hingga malam hari di lima posko pengamanan lebaran di daerah ini.
 
Menurutnya, kemungkinan jumlah kendaraan baik sepeda motor maupun mobil yang melintas di Jalan Lintas Sumatera di daerah ini semakin meningkat pada H-5 hingga H-2 Lebaran 1444 Hijriah.
 
Personel gabungan di pos pengamanan lebaran di perbatasan dengan Bengkulu Utara dengan Provinsi Sumatera barat akan terus melakukan pemantauan dan mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan selama arus mudik dan balik lebaran
 
Dengan meningkatnya volume. lalu lintas, ia mengimbau untuk seluruh pengemudi untuk tetap berhati-hati di jalan, taati rambu-rambu aturan, dan tata tertib lalu lintas.
 
"Apabila kelelahan lebih baik istirahat terlebih dahulu baru melanjutkan perjalanan dan pastikan kembali kelengkapan untuk kendaraan maupun pengemudi sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat menghindari dari akibat-akibat yang fatal," ujarnya pula.
 
Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Kendaraan Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko Rhomy Pebrias menyebutkan lebih dari sebanyak 50 unit kendaraan roda dua dan empat yang mudik lebaran melewati Jalan Lintas Sumatera di daerah ini.
 
Dari sebanyak puluhan kendaraan tersebut, katanya, banyak kendaraan yang menuju ke arah Provinsi Sumatera Barat.

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023