Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil dan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak akan menggelar griya terbuka atau open house Lebaran 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat Ika Mardiah, Kamis, menuturkan peniadaan griya terbuka tersebut mengikuti arahan Presiden Jokowi yang dikuatkan Surat Sekretariat Kabinet tertanggal 24 Mart 2022 bernomor R-0055/Seskab/DKK/3/2022 yang diteken Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung

"Tidak ada open house gubernur, wakil gubernur dan sekda. Tidak ada open house," kata Ika saat dihubungi.

Menurut Ika, warga yang ingin halal bihalal dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa memanfaatkan momentum Shalat Idul Fitri yang akan dipusatkan Pemprov Jabar di Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ), Gedebage, Kota Bandung.

Baca juga: Sandiaga Uno tidak gelar griya namun akan mudik ke Kwitang

Baca juga: Megawati akan terima kunjungan ketum parpol lain pada Lebaran 2023


Dari agenda yang dipersiapkan, menurut Ika, Gubernur Ridwan Kamil akan berada di Al Jabbar hingga pukul 07.00 WIB lebih setelah Shalat Idul Fitri.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di MRAJ akan dimulai pukul 06.00 hingga 08.00 WIB.

Sebagai imam adalah KH Rif'at Aby Syahid yang merupakan Pengasuh Pesantren Alquran Alfalah 1 Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Sedangkan untuk khatib adalah Rektor UIN Sunan Gunung Djati ( SGD) Bandung Prof Mahmud.

"Rencananya Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan hadir dalam pelaksanaan Shalat Id di Masjid Raya Al Jabbar ini," kata Ika.

Pelaksanaan Shalat Id di MRAJ terbuka bagi masyarakat untuk ikut hadir. Diimbau bagi yang ingin melaksanakan Shalat Id membawa alas bukan koran, tempat penyimpanan sandal, dan menjaga kebersihan masjid dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Masyarakat juga dapat mengikuti arahan petugas masjid untuk pengaturan ketertiban parkir kendaraan di kawasan Masjid Raya Al Jabbar dan hadir tepat waktu," kata Ika.*

Baca juga: Jokowi tak adakan gelar griya pada Lebaran 2023

Baca juga: Balai Yasa Yogyakarta gelar open house kenalkan perawatan kereta api

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023