Lampung Selatan (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kondisi arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Kamis.

"Jadi hari ini, kita bertiga beserta jajaran melaksanakan pemantauan secara langsung, khususnya terkait dengan pelayanan di penyeberangan dari wilayah Banten ke Lampung," kata Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di Bakauheni.

Ia bersama rombongan meninjau dari Pelabuhan Merak,  Pelabuhan Ciwandan, menuju Bakauheni, dan Panjang.

"Dari laporan, tadi malam (Rabu) hingga hari ini terjadi peningkatan pemudik yang menyeberang," katanya.

Ia menjelaskan menurut data jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan mulai Rabu (19/4) malam hingga Kamis pagi merupakan jumlah tertinggi.

"Di mana jumlah penyeberangan ada sekitar 165 ribu, lebih tinggi ketimbang tahun lalu yang hanya 155 ribu," katanya.

Baca juga: Jumlah pemudik H-2 tujuan Sumatera via Pelabuhan Merak capai 633 ribu
Baca juga: Jelang Lebaran jumlah pemudik Pelabuhan Bakauheni capai 55.984 orang


Ia mengatakan kemungkinan pada hari ini masih ada lonjakan penumpang yang menyeberang.

Ia mengapresiasi para petugas karena dengan adanya rekayasa lalu lintas yang dibagi menjadi tiga dermaga, yakni Ciwandan, Merak dan BBJ tingkat kemacetan bisa terkendali.

"Kita lihat dengan adanya rekayasa lalu lintas tidak ada lagi kemacetan di wilayah atas, tentunya ini suatu pembenahan dari evaluasi yang telah kita lakukan," ujarnya.

Dia mengapresiasi bahwa di wilayah Lampung sampai saat ini belum ada laporan terkait peristiwa tindak pidana, seperti gangguan kamtibmas.

"Tadi kita sudah cek, tidak ada laporan peristiwa pidana. Untuk mengantisipasi keamanan pemudik agar terhindar dari gangguan kambtibmas ke wilayah tertentu yang dianggap rawan bajing loncat dan penodongan kita lakukan penjagaan ketat," katanya..

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023