Solo (ANTARA) -
Angka trafik penumpang di Bandara Adi Soemarmo Solo selama periode mudik tahun ini naik signifikan jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.
 
 
 
Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager Bandara Adi Soemarmo Gerrie Razaq di Solo, Kamis mengatakan jumlah penumpang tertinggi yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo sebanyak 5.045 penumpang.
 
 
 
Ia mengatakan angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 211 persen dibandingkan puncak mudik tahun lalu.
 
 
 
Selain itu, jumlah penerbangan juga mengalami kenaikan sebesar 171 persen atau sebanyak 38 pesawat.
 
 
 
Sementara itu, untuk perkiraan jumlah penumpang yang naik maupun turun melalui Bandara Adi Soemarmo pada hari ini sebanyak 4.996 orang dengan 38 penerbangan.
 
 
 
Secara keseluruhan, rekapitulasi jumlah penumpang dan pesawat periode 14-19 April tercatat sebanyak 20.618 penumpang. Ia mengatakan angka ini naik 46 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya.
 
 
 
"Untuk jumlah penerbangan sebanyak 163 pesawat. Angka ini meningkat 36 persen," katanya.

 
 
Sebelumnya, Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Ibnu Solikin mengatakan selama posko Lebaran yakni dari tanggal 14 April-2 Mei diperkirakan trafik penumpang akan mencapai 57.640 penumpang atau naik sebesar 31 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.
 
 
 
Selain itu, dikatakannya, untuk jumlah penerbangan juga mengalami kenaikan sebesar 16 persen atau ada penambahan sebanyak 162 penerbangan selama periode posko.
 
 
 
"Totalnya ada 392 penerbangan. Penambahan jumlah penerbangan ini berasal dari tiga maskapai, yakni dari Lion Air Group yakni Batik Air, Citilink, dan Garuda Indonesia," katanya.***1***

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023