Selain itu juga sesuai dengan prinsip 3S+1C (safety, security, services, and compliance), terutama saat menghadapi peningkatan jumlah trafik penumpang....
Boyolali (ANTARA) - Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Jawa Tengah,  menyiapkan posko menjelang momentum mudik Lebaran 2024 pada 3-18 April, untuk memastikan penyelenggaraan angkutan udara berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

"Selain itu juga sesuai dengan prinsip 3S+1C (safety, security, services, and compliance), terutama saat menghadapi peningkatan jumlah trafik penumpang, pesawat, dan kargo angkutan udara pada periode Lebaran tahun 2024 M/1445 H," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin di Boyolali, Rabu.

Selain menyiapkan posko, pihaknya juga berupaya memastikan seluruh fasilitas bandara dalam kondisi prima untuk mewujudkan pelayanan angkutan Lebaran yang aman dan
nyaman.

Baca juga: Bandara Hasanuddin: Penumpang naik 7 persen saat musim Lebaran 2024

Sementara itu, terkait dengan trafik penumpang, pesawat, dan kargo yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo, diperkirakan akan mengalami peningkatan.

Pihaknya mencatat perkiraan pergerakan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan periode Lebaran  2023 mengalami peningkatan
sekitar 4 persen dengan total penumpang 82.768 orang. Sedangkan untuk pergerakan pesawat diperkirakan ada kenaikan sekitar 2 persen dengan total 576 penerbangan.

Untuk pergerakan kargo kenaikannya diperkirakan sekitar 127 persen dengan total berat 228.320 kg kargo.

Menurut dia, meski kenaikannya tidak signifikan, pihak maskapai tetap menambah jumlah penerbangan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang.

Ia mengatakan beberapa maskapai yang mengajukan jumlah penerbangan, yakni Citilink, Batik Air, dan Super Air Jet.

"Untuk rute yang ada penambahan yakni Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Halim Perdana Kusuma Jakarta, dan Bandara Sepinggan Balikpapan," katanya.

Baca juga: H-7 Lebaran, pergerakan penumpang di Bandara Soetta capai 130 ribu

Ia mengatakan dengan  tambahan jumlah penerbangan, Bandara Adi Soemarmo yang di hari normal melayani sebanyak 23 penerbangan/hari, selama periode mudik Lebaran bertambah menjadi 26-28 penerbangan/hari.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024