Jumlah penumpang akan terus mengalami kenaikan hingga masa puncak arus mudik pada 6 April 2024
Tangerang, Banten (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pada Rabu atau H-7 sebelum Lebaran 2024, akan mencapai total 130 ribu penumpang.

"Hari ini sebenarnya sudah cukup naik, meskipun belum signifikan, ada 987 penerbangan dengan 130 ribu penumpang," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II KCU Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Banten, Rabu.

Ia mengatakan jumlah penumpang akan terus mengalami kenaikan hingga masa puncak arus mudik pada 6 April 2024 atau H-4 Lebaran.

Proyeksi pergerakan penumpang pada puncak mudik Lebaran diprediksi mencapai 188.000 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 1.200.

Untuk mengantisipasi periode angkutan Lebaran tahun ini, PT Angkasa Pura II telah melakukan sejumlah persiapan, mulai dari menyiapkan 1.547 penerbangan tambahan domestik dan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, hingga mengerahkan personel pengamanan.

"Untuk saat ini extra flight di rute pesawat internasional ada 74 penerbangan dan untuk domestik sudah 1.473 extra flight," ujarnya.

Dalam hal ini, pihaknya juga telah mengerahkan sekira 7.000 personel gabungan mulai dari aviation security, TNI/Polri, hingga petugas yang berjaga di posko pelayanan terpadu.

"Secara total disiapkan 7.000 petugas di Bandara Soekarno-Hatta ini, sudah termasuk bantuan dari TNI-Polri yang kemudian nanti tambahannya ada personel administrasi yang ditempatkan untuk membantu di pos atau check point yang telah ditetapkan," jelas dia.

Baca juga: Bandara Soetta ramai pemudik yang lebih awal untuk hindari kepadatan
Baca juga: AP II aktifkan posko terpadu mudik Lebaran 2024
Baca juga: Kemenhub tambah 2.000 penerbangan pada periode Lebaran 2024

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024