Puncak mudik terjadi pada hari ini karena ada tiga armada yang berangkat....
Pekanbaru (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sungai Duku Pekanbaru melaporkan telah terjadi peningkatan arus mudik Lebaran 2023 melalui jalur laut di Sungai Duku sejak H-7 kemarin hingga Kamis ini mencapai 100 persen.

Petugas Pelabuhan Sungai Duku Fiktori, di Pekanbaru, Riau menjelaskan untuk angkutan pemudik di Pelabuhan Sungai Duku seperti angkutan Kapal Naga Line dan Meranti Ekspres mengalami peningkatan sekitar 90 persen dari kapasitas angkut.

"Untuk penumpang speedboat sudah penuh pada tanggal 19-20 April. Sementara, untuk KM Jelatik sudah penuh tiketnya untuk tanggal 18-20 April 2023," katanya lagi.

Sedangkan untuk kapal cepat pada tanggal 20 April, ada penambahan jadwal keberangkatan demi mengangkut penumpang yang membludak menuju Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Puncak mudik terjadi pada hari ini karena ada tiga armada yang berangkat, dan ketiga armada tersebut sudah terisi penuh," ujar Fiktori pula.

Selain itu, kata dia, nantinya Pelabuhan Sungai Duku akan libur satu hari pada Idul Fitri hari pertama. Namun, pihaknya belum tahu apakah liburnya tanggal 21 atau tanggal 22 April. Selanjutnya, pelabuhan akan kembali beraktivitas lagi di hari raya kedua.

Dia menjelaskan, peningkatan penumpang mulai terjadi H-7 Idul Fitri. Petugas pun telah mengantisipasinya dengan menambah jadwal keberangkatannya.

Sementara untuk harga tiket kapal tidak ada kenaikan, harga tiket tetap untuk kapal cepat Rp237 ribu termasuk boarding pass. Sedangkan untuk KM Jelatik Rp162 ribu per orang menuju Selat Panjang.

Fiktori juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran di Pelabuhan Sungai Duku, agar mengonfirmasi kepada agen loket untuk kapal biasa atau kapal cepat untuk keberangkatannya.

"Masyarakat bisa memilih alternatif melalui Pelabuhan Buton di Siak atau Speedboat Naga Line atau Meranti Ekspres dengan mengonfirmasi ke agennya apakah tanggal yang akan dia rencanakan berangkat masih tersedia tiketnya atau tidak. Sementara itu untuk posko di pelabuhan sudah dimulai sejak H-15 sampai dengan H+15," katanya pula.
Baca juga: Bandara Pekanbaru hanya layani satu penerbangan selama larangan mudik
Baca juga: Penumpang Bandara SSK II Pekanbaru alami lonjakan jelang Lebaran 2023

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023