Bandarlampung (ANTARA) - Ribuan Muslim melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Komplek Muhammadiyah Labuhan Ratu Bandarlampung, Jumat (21/4).

Hasil liputan wartawan Antara di Komplek Muhammadiyah Labuhan Ratu, Bandarlampung, Muslim berbondong bondong bersama keluarga, sanak famili dan kerabat memadati lokasi. Bahkan sebagian jamaah harus melaksanakan Shalat Idul Fitri di pinggir dan badan jalan raya.

Gema takbir bergema mengiringi khidmatnya Shalat Idul Fitri 2023. Orang tua hingga anak-anak begitu antusias memadati kawasan tersebut.

Bagi kaum perempuan, panitia Shalat Idul Fitri sudah menyiapkan tempat khusus di bagian belakang yang dipisahkan dari laki-laki.

Pelaksanaan shalat Id sendiri bertindak sebagai imam dan khotib yakni Ustadz Rohmat Santosa, S. Pd. I

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandarlampung Prof. H. M. Ujang Suparman, MA, Ph.d mengatakan untuk Shalat Idul Fitri 1444 H/2023 M, pada Jumat, 21 April 2023 terdapat 10 titik tempat pelaksanaan, antara lain Halaman Gedung Wanita, komplek Muhammadiyah Langkapura, Lapangan Baruna PCM Panjang, komplek Muhammadiyah Labuhan Ratu.

Selanjutnya, Stadion Mini Kalpataru Kemiling, Masjid Sl-Munawwaroh Pasar Smep, Masjid Al Ikhlas, Mushola Sl-Hidayah, halaman komplek Muhammadiyah Sukarame dan Masjid Al Wathona Bumi Waras.
Ribuan warga muhammadiyah laksanakan sholat Id di komplek muhammadiyah labuhan ratu (ANTARA/Emir F. Saputra)

Ujang mengatakan, ribuan umat Islam yang melaksanakan sholat Idul Fitri di komplek Muhammadiyah Labuhan Ratu, Bandarlampung bukan saja berasal dari warga Bandarlampung, tetapi warga yang melakukan mudik di kota ini juga melaksanakan Sholat Id di lokasi ini.

"Memang yang hadir untuk melaksanakan Shalat Id 1444 H, Jumat (21/4/23) bukan warga Muhammadiyah Bandarlampung saja, tetapi yang mudik ke kota tapis berseri ini juga melaksanakan sholat Id hari ini," kata Ujang.

Shalat Lebaran Idul Fitri kali ini yang menjadi imam dan khotib yaitu Ustadz Rohmat Santosa, S. Pd. I dan dimulai pukul 07.00 WIB.

Baca juga: Ribuan jamaah Muhammadiyah Bengkulu gelar shalat Id
Baca juga: DPD RI minta masyarakat Bengkulu saling menghargai terkait perbedaan
Baca juga: Muhammadiyah: Perbedaan pelaksanaan Idul Fitri bisa dipahami

Pewarta: Agus Wira Sukarta/Emir Fajar Saputra
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023