Jakarta (ANTARA) - Philadelphia 76ers meraih kemenangan ketiganya melawan Brooklyn Nets dengan skor akhir 102-97 dalam gim ketiga babak playoff NBA Wilayah Timur yang digelar di Barclays Center New York, Jumat WIB.

Laga kali ini bertensi lebih tinggi dibandingkan gim kedua yang juga dimenangkan oleh 76ers.

Nets masih memainkan rencana yang sama seperti laga sebelumnya, yaitu mengusik bintang Philadelphia Joel Embiid. Bahkan, kali ini gangguan dari pemain Nets kepada Embiid bukan soal pengawalan bola atau upaya tembakan, melainkan juga bermain di wilayah psikis.

Embiid hampir saja dikeluarkan dari lapangan karena berupaya menendang Nic Claxton yang memprovokasinya usai melakukan dunk di menit awal kuarter pertama.

Embiid yang berusaha memblokir upaya tembakan Claxton terjatuh ke lantai di bawah keranjang. Claxton yang merasa jumawa dengan dunk-nya beradu mata sambil memprovokasi Embiid yang masih terbaring.

Baca juga: 76ers amankan kemenangan kedua atas Nets di playoff NBA

Tak sabar, Embiid mengangkat kakinya ke arah selangkangan Claxton. Beruntung pelanggaran itu hanya berbuah free throw untuk Claxton, bukan mengeluarkan Embiid dari pertandingan.

Dan rencana permainan Nets itu terus dilanjutkan hingga akhir laga. Embiid tidak bisa mencetak poin sebagaimana biasanya. Dalam laga itu, Embiid hanya mencetak 14 poin, namun lagi-lagi berusaha berkontribusi lewat rebound dan blok.

Embiid mencatat double-double dengan 14 poin dan 10 rebound, serta melakukan blok krusial di 8 detik terakhir kuarter empat.

"Anda bisa lihat apa rencana permainannya. Mencoba membuat saya frustasi, mengenainya, dan saya bisa dikeluarkan," kata Embiid mengutip laman resmi NBA.

"Saya terlalu dewasa untuk memposisikan diri saya untuk dikeluarkan, jadi saya hanya melakukan tugas saya dan mendapatkan kemenangan," lanjut top skorer NBA sebanyak dua kali tersebut.

Selagi Embiid diusik, pemain 76ers lainnya bersinar. Tyrese Maxey mencetak 25 poin, James Harden 21 poin meski harus dikeluarkan di kuarter keempat karena pelanggaran yang tidak sengaja dilakukannya, Tobias Harris 15 poin, dan De'Anthony Melton 13 poin.

Sebenarnya rencana permainan Nets yang mengusik Embiid membuahkan hasil di awal laga dan kuarter ketiga. Nets berhasil balik mengungguli 76ers setelah sempat tertinggal 13 poin dari Philadelphia.

Mikal Bridges mencetak 26 poin, Spencer Dinwiddie 20 poin, Nic Claxton 18 poin, dan Cameron Johnson 17 poin.

Namun Embiid dan kawan-kawan berhasil kembali menyamakan kedudukan 96-96 di sisa waktu 1 menit 39 detik pertandingan di kuarter empat.

Tyrese Maxey berjasa dalam mengumpulkan poin, sementara Embiid yang berperan untuk bertahan.

Dengan kemenangan ini, 76ers hanya butuh memenangkan satu laga lagi di gim keempat untuk memastikan maju ke babak playoff putaran kedua, atau semifinal NBA Wilayah Timur.

Laga keempat antara Nets dan 76ers akan digelar di di Brooklyn New York pada Minggu (23/4).

Baca juga: Kalahkan Clippers 123-109, Suns bangkit dari gim pertama playoff
Baca juga: Garland cetak 32 poin, Cavs libas Knicks samakan kedudukan playoff

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023