Pemilu 2014 akan sangat membosankan"
Jakarta (ANTARA News) - Pakar politik Firman Noor memperkirakan tidak ada figur baru calon presiden yang akan muncul pada 2013 yang bisa diusung pada Pemilihan Presiden 2014.

"Saya rasa calon-calon yang akan diusung masih yang itu-itu juga. Menurut saya, tidak akan ada figur baru yang muncul pada 2013," kata Firman Noor ketika dihubungi dari Jakarta, Senin.

Peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tersebut mengatakan Pemilihan Presiden 2014 akan menjadi pemilu yang membosankan, karena yang bersaing adalah figur yang itu-itu saja.

Menurut dia, masyarakat saat ini sudah bisa memperkirakan siapa-siapa saja yang akan maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2014.

"Pemilu 2014 akan sangat membosankan. Menurut saya, `the real game`-nya baru akan terjadi pada 2019," ujarnya.

Firman Noor mengatakan figur yang diusung partai-partai besar sudah bisa ditebak.

Partai Golkar sudah memastikan akan mengusung Ketua Umum Aburizal Bakrie, begitu pula PDI Perjuangan, yang kemungkinan mencalonkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Partai Demokrat saat ini mulai goyah, sehingga figur luar partai pun kemungkinan akan berpikir ulang apabila akan diusung Demokrat. Sementara PKS sejauh ini masih menjadi partai menengah yang mungkin tidak bisa mengusung sendiri calon presiden," katanya.

Kalau pun pada 2013 figur-figur seperti Dahlan Iskan maupun Chairul Tanjung memastikan maju dalam pemilihan presiden, dia memperkirakan kemungkinan hanya akan menjadi calon wakil presiden.

"Sebab, yang bisa mengusung calon presiden adalah partai-partai besar, dan sangat kecil kemungkinannya mereka menerima calon dari luar partainya," ujarnya.

(D018/M008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012