... Jokowi berkeliling gereja... "
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, meninjau kemanan dua gereja saat kebaktian dan misa malam Natal. "Kami ke gereja untuk pastikan semua aman," kata Jokowi setelah tinjauannya di Gereja GPIB Immanuel, Senin malam.

Dia pertama kali mendatangi Gereja Katedral pada pukul 18.30 WIB. Jokowi masuk ke dalam gereja dan disambut Uskup Agung Keuskupan Agung Jakarta, Monsignor Ignatius Suharyo.

Selanjutnya, mantan walikota Solo itu  meninjau ke Gereja GPIB Immanuel. Di sana Jokowi disambut Pendeta Henok Danil Matulapelwa. Lokasi kedua gereja itu berdekatan, pada radius sekitar satu kilometer di pusat Jakarta, dan sama-sama berarsitektur "warisan" masa kolonialis Belanda berkuasa di Indonesia.

Setelah melihat langsung pengamanan di Gereja GPIB Immanuel itu, dia juga menyalami para jamaah yang hadir. Jokowi berkeliling gereja dan juga meladeni beberapa jamaah yang mengajak berfoto bersama.

Hanya saja, Jokowi tidak mengucapkan sambutan resmi di dua gereja yang didatanginya tersebut. Padahal pendeta di sana telah menyediakan waktu untuk dia memberikan beberapa patah kata.

Jokowi hanya berpesan lewat para wartawan, agar warga Jakarta bisa menjaga keadaan untuk tetap aman.

"Semuanya tolong jaga agar Jakarta tetap aman sampai tahun baru dan selamanya," katanya yang melakukan tinjauan dengan baju batik. 

(lod)

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012