Padang (ANTARA News) - Ribuan jamaat di berbagai gereja yang ada di Kota Padang, Sumatera Barat, menghadiri misa Natal yang dilaksanakan Senin mulai pukul 18.30 WIB, ketika kota itu diguyur hujan.

"Kita memperkirakan jumlah jamaat yang hadir dalam misa Natal malam ini, mencapai 2.500 orang, dimana di gereja ini, akan dilaksanakan dua misa malam Natal, yang pertama mulai pukul 18.30 WIB, dan kemudian dilanjutkan pukul 20.30 WIB," kata salah seorang jamaat Gereja Paroki Katedral ST Theresia Popi Fransisca, di Padang, Senin malam.

Dia menambahkan, meski hujan mengguyur tidak menyurutkan niat para jamaat untuk menghadiri dan melaksanakan misa Natal ini.

Berdasarkan pantauan dilapangan hujan mengguyur daerah itu, sekitar pukul 18.30 WIB, saat pelaksanaan misa mulai dilangsungkan, namun erlihat rombongan jamaat terus memadati gereja. Bahkan, kursi-kursi yang disediakan panitia terisi penuh, dan sebagian jamaat berdiri.

Selain di Gereja Paroki Katedral ST Theresia Popi Fransisca, pelaksanaan misa malam Natal juga dilaksanakan di 33 geraja lainnya di Kota Padang.

Lima gereja yang menjadi pusat perayaan misa malam Natal, Gereja HKBP di jalan Gunung Dalam I, Kecamatan Padang Selatan, Gereja Paroki ST Fransiskus Assisi di jalan Sudirman, Gereja GPIB Efrata di jalan Bagindo Aziz Chan, Gereja BNKP Jamaat Padang di jalan Karya, dan Gereja PSKP cabang Santa Maria Bunda Yesus Tirtonadi di Kecamatan Padang Selatan.

Lima geraja beasar yang ada di Kota Padang tersebut, juga menjadi perioritas pengamanan pihak kepolisian serta aparat terkait lainnya, sehingga pada Senin sore juga dilakukan sterilisasi oleh Gegana Brimob Polda Sumbar.

Berdasarkan data yang ada pada pihak kepolisian untuk Gereja HKBP jumlah jamaat yang melaksanakan misa Natal sekitar 600 orang, Gereja Paroki ST Fransiskus Assisi sekitar 1.000 orang, Gereja GPIB Efrata sebanyak 500 orang, Gereja PSKP cabang Santa Maria Bunda Yesus Tirtonadi sebanyak 300 orang, sedangkan untuk Gereja BNKP Jamaat Padang baru akan melaksanakan perayaan Natal pada Selasa pagi dengan jamaat sekitar 1.000 orang.

Misa Natal yang dilaksanakan ditengah hujan di Kota Padang tersebut, juga tidak luput dari pengamanan dan penjagaan aparak kepolisian, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya, yang terlihat berjaga-jaga di depan gerbang geraja, meski diguyur hujan.

Sehubungan dengan itu,berdasarkan data yang ada di BMKG, memang Provinsi Sumatera Barat, pada malam Natal akan diguyur hujan, dimana intensitasnya ringan, dengan suhu udara berkisar antara 22 hingga 32 derajat celcius, dan kelembabab udara berkisar 65 sampai 97 persen.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012