Ternate (ANTARA) - Khatib Dr. Karman La Nani, S.Pd, M.Pd harapkan Idul Fitri momentum indah umat Islam dalam mengekspresikan kegembiraan atas capaian spiritual, sosial dan meminta tali harmonisasi secara vertikal kepada Allah dan secara horizontal kepada sesama manusia.

"Umat Islam secara sempurna menunjukkan kepatuhan dan ketaatan totalitas dalam menjalankan perintah Allah SWT di bulan suci Ramadhan," kata Khatib Dr. Karman La Nani, S.Pd, M.Pd saat menyampaikan khutbah Shalat Idul Fitri di masjid Darul Arqam Ternate, Jumat.

Dia menyatakan perlu disadari bahwa motivasi beribadah puasa bukanlah sekedar untuk kesehatan tubuh, atau menurunkan berat badan, namun motivasi berpuasa semata-mata perintah Allah, karena apapun perintah yang berasal dari Allah sepenuhnya kita taati, inilah komitmen keimanan kepada-Nya.

Sehingga, tentulah ini semua adalah nikmat kesempatan usia yang diberikan Allah SWT, supaya kita terus menerus membenahi diri kita dalam merengkuh predikat menjadi insan yang bertakwa kepada-Nya.

Baca juga: Masjid Istiqlal siapkan ruang untuk 250.000 jamaah Shalat Id besok

Baca juga: Ribuan WNI di Qatar gelar shalat Idul Fitri


"Takbir yang tak henti berkumandang mudah-mudahan menandakan rasa hikmat kita terhadap keagungan Allah Sang Maha Pemilik Kehidupan. Semoga segala amal ibadah kita sepanjang bulan Ramadan ini menjadi penyemangat bagi kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW untuk membekali diri menjalani bulan-bulan selanjutnya dengan lebih baik," ujar Khatib Dr. Karman La Nani, S.Pd, M.Pd yang merupakan pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun Ternate.

Ibadah Shalat Idul Fitri sudah dilaksanakan sebagian umat Islam di Masjid Darul Aqram Kota Ternate yang dihadiri sekitar 1.500 orang.

Pelaksanaan shalat dimulai pukul 07.40 WIT dan selaku Khatib Dr. Karman La Nani, S.Pd, M.Pd, Dosen Unkhair Ternate dan imam oleh Rustam Sarbi merupakan Imam Mesjid Darul Aqram Kota Ternate.

Di Kota Ternate sendiri pelaksanaan shalat berlangsung di tiga tempat yakni masjid Darul Arqam Kampung Makassar Kota Ternate, Masjid Ngade dan Masjid Kampus UMMU Ternate.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Shalat Ied di Kota Ternate akan dipusatkan di Stadion Gelora Kie Raha Ternate berlangsung pada Sabtu (22/4/2023) Besok.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Ternate Muhammad Ichsan mengatakan penetapan untuk pelaksanaan Shalat Ied itu merupakan hasil rapat PHBI, MUI Kota Ternate, Kementerian Agama Kota Ternate bersama sejumlah Ormas Islam.

Dia menyatakan Pemkot Ternate PHBI dan ormas-ormas lainnya tahun ini melaksanakan Shalat Idul Fitri di Stadion Gelora Kie Raha dan setelah tempat telah ditetapkan, Pemkot Ternate akan menunggu hasil sidang isbat penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah dari pemerintah pusat sebagai hari dilaksanakannya Shalat Ied.

Baca juga: Warga Muhammadiyah di Belitung gelar shalat Idul Fitri 1444 Hijriah

Baca juga: Muhammadiyah serukan umat Islam berkemajuan, modern, dan cerdas

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023