Untuk jumlah penumpang yang berangkat hari ini dari Stasiun KA Baturaja tujuan Palembang dan Tanjung Karang tercatat sebanyak 363 orang
Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 363 warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, mudik ke kampung halaman menggunakan kereta api di Stasiun Baturaja pada Jumat guna merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Stasiun Kereta Api (KA) Baturaja, Kabupaten OKU Abdullah di Baturaja, Jumat, menjelaskan pada puncak arus mudik tercatat sebanyak 363 penumpang yang menggunakan transportasi kereta api.

"Untuk jumlah penumpang yang berangkat hari ini dari Stasiun KA Baturaja tujuan Palembang dan Tanjung Karang tercatat sebanyak 363 orang, sedangkan untuk kedatangan 390 orang," katanya.

Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan satu hari sebelumnya atau pada Kamis (20/4) dengan jumlah penumpang yang diberangkatkan menggunakan KA Ekspres Rajabasa sebanyak 432 orang.

"Untuk H-3 atau keberangkatan pada Rabu (19/4) justru lebih ramai mencapai 476 penumpang," ungkapnya.

Baca juga: PT KAI Palembang: 16.811 pemudik gunakan kereta api pada H-3 Lebaran

Menurut dia, menurunnya volume pemudik mendekati hari raya tersebut disebabkan karena masyarakat memilih mudik lebih awal agar banyak waktu berkumpul bersama keluarga di kampung halaman guna merayakan Idul Fitri.

"Apalagi sejak dua hari lalu sudah cuti bersama sehingga masyarakat memanfaatkan hari libur untuk mudik lebih awal," kata Abdullah.

Pada masa angkutan mudik tahun ini, kata dia, PT KAI memberikan kelonggaran dengan tidak mewajibkan semua penumpang divaksin dosis ketiga atau booster. Calon penumpang juga tidak perlu menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes antigen sebagai syarat perjalanan menggunakan kereta api.

Hanya saja, lanjut dia, seluruh calon penumpang tetap diwajibkan menggunakan masker selama berada di dalam kereta api.

Selain itu, para calon penumpang juga diimbau untuk menjaga keamanan diri sendiri dan mematuhi aturan seperti tidak membawa buah-buahan yang beraroma menyengat dan tidak boleh merokok demi kenyamanan bersama.

"Sesuai aturan bagi penumpang yang kedapatan merokok di dalam kereta maka akan diturunkan di stasiun pemberhentian berikutnya," tegasnya.

Baca juga: PT KAI Divre III Palembang apel siaga Pasukan Angkutan Lebaran 2023

Baca juga: PT KAI minta masyarakat waspada saat melewati perlintasan kereta api

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023