Enam masjid tersebut adalah Masjid Islamic Center Balikpapan dengan suhu udara sekitar 25 derajat Celsius
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan memprakirakan ada enam masjid di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan ringan pada Sabtu pagi, 22 April 2023, saat merayakan Lebaran 1 Syawal 1444 Hijriah.

"Enam masjid tersebut adalah Masjid Islamic Center Balikpapan dengan suhu udara sekitar 25 derajat Celsius," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Jumat.

Untuk itu umat Muslim yang hendak Shalat Id diimbau membawa payung dan pengaman lainnya agar aktivitas masih bisa lancar, termasuk harus hati-hati karena hujan ringan juga bisa menyebabkan jalan licin.

Masjid lain yang juga diprakirakan hujan ringan pagi besok adalah Masjid Jami Al-Ula Balikpapan dengan suhu sekitar 25 derajat Celsius, selanjutnya adalah Masjid Agung Al-Ikhlas di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan suhu yang juga sekitar 25 derajat Celsius.

Baca juga: BMKG: Kecenderungan hujan masih tinggi saat Lebaran

Berikutnya adalah Masjid Nurul Falah di Kabupaten Paser, Masjid Islamic Center di Kabupaten Kutai Barat dengan suhu udara 23 derajat Celsius, dan Masjid Baiturrahman di Kota Bontang dengan suhu udara sekitar 24 derajat Celsius.

"Untuk sejumlah masjid lain saat pagi diprakirakan cerah dan berawan, seperti Masjid Islamic Center Samarinda, Masjid Nurul Mukminin Samarinda, Masjid Agung di Kutai Kartanegara, Masjid Baitul Muttaqin di Mahakam Ulu, Masjid Agung di Kutai Timur, dan Masjid Baitul Hikmah di Kabupaten Berau," katanya.

Heni melanjutkan di Balikpapan pada Sabtu besok sekitar pukul 11.00 WITA akan terjadi hujan sedang disertai petir di empat kecamatan yakni Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Kecamatan Balikpapan Utara, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

"Dampak dari hujan sedang hingga hujan petir antara lain bisa menyebabkan genangan air, jalan licin, sungai meluap, dan pohon tumbang, sehingga semua pihak harus selalu waspada. Untuk kabupaten/kota lainnya, diprakirakan besok cerah, berawan, dan sebagian hujan ringan," kata Heni.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat dan petir di Kaltim pada Sabtu-Minggu

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023