sejauh ini situasinya aman dan belum ada kejadian luar biasa
Penajam (ANTARA) -
Mobilitas arus mudik jalur laut di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, hingga satu hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 relatif lancar dan aman.
 
Pantauan ANTARA di Penajam, Jumat, kendati dipadati penumpang arus mudik suasana di pelabuhan klotok (kapal kayu), kapal cepat (speedboat) dan pelabuhan penyeberangan feri Kabupaten Penajam Paser Utara terlihat tertib dan lancar.
 
Data pada Pos Terpadu Lebaran 2023 di pelabuhan mencatat, arus mudik didominasi penumpang dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser dan Kalimantan Selatan.
 
Berdasarkan laporan dari petugas, jelas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, jelas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Singkerru, seluruh moda transportasi laut relatif aman dan kondusif.
 
"Seluruh angkutan laut yang beroperasi sejauh ini situasinya aman dan belum ada kejadian luar biasa," tambahnya.

Baca juga: Penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan ditutup hari ini
 
Kebanyakan penumpang arus mudik, kata Andi Singkerru, melalui jalur laut dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser dan Kalimantan Selatan.
 
Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan armada laut yang laik jalan sebanyak 180 kapal cepat dan 50 kapal kayu.
 
Arus mudik melalui penyeberangan kapal feri, kata Supervisi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan atau ASDP Indonesia Ferry, Pelabuhan Penajam Cabang Balikpapan, Radmiadi, juga didominasi penumpang dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser dan Kalimantan Selatan.
 
PT ASDP selain mengoperasikan dua dermaga pelabuhan feri secara tetap dan konsisten, lanjut dia, juga mengoperasikan 13 kapal feri dari yang disiapkan 19 kapal feri serta terapkan waktu 15 menit untuk bongkar muat.
 
Berdasarkan pemantauan Pos Terpadu Lebaran 2023 di pelabuhan, penumpang angkutan kapal cepat, klotok, dan feri terlihat cukup ramai pemudik berlangsung sejak Kamis (19/4).
 
Selain petugas keamanan, selama arus mudik di Pos Terpadu Lebaran 2023 di wilayah pelabuhan kapal kayu, kapal cepat, dan pelabuhan penyeberangan feri juga dilengkapi obat-obatan dan tenaga medis.

Baca juga: ASDP perkirakan kenaikan penumpang di Pelabuhan Ulee Lheu H+2 Lebaran

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023