Sebaran titik panas itu langsung kami informasikan kepada pihak terkait agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 30 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Jumat, 21 April 2023, sehingga semua pihak diajak waspada.

"Sebaran titik panas itu langsung kami informasikan kepada pihak terkait agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Diyan Novrida di Balikpapan, Jumat.

Ke-30 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 WITA dan langsung disampaikan ke instansi terkait, terutama ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten. 

Sehari sebelumnya (Kamis, 20/4) pihaknya juga mendeteksi 37 titik panas yang tersebar di empat kabupaten, yakni di Kutai Barat (4 titik), Kutai Kartanegara (2 titik), Kutai Timur (20 titik), dan Kabupaten Berau (11 titik).

Sedangkan 30 titik panas yang terdeteksi hari ini berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada juga yang masih dalam satu kabupaten maupun kecamatan yang sama.

Baca juga: BMKG deteksi 24 titik panas di Kaltim

Sebanyak 30 titik panas hari ini tersebar di tiga kabupaten yakni di Kutai Barat (3 titik), Kabupaten Berau (6 titik), dan selebihnya yang sebanyak 21 titik berada di Kabupaten Timur.

Mengingat banyaknya titik panas yang terpantau hampir tiap hari, maka ia mengimbau semua elemen sama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran, seperti tidak bermain api, tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan, apalagi jika di kawasan tersebut ada hutan atau lahan yang mudah terbakar.

"Sebenarnya bulan ini masih masuk musim hujan, namun terdapat peluang dalam beberapa hari tidak terjadi hujan berturut-turut di sejumlah kawasan, sehingga hal ini berakibat pada biomassa yang kering dan rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan (karhutla), maka semua pihak harus saling menjaga dan waspada," ujarnya.

Baca juga: Jamaah diimbau bawa payung, 6 masjid di Kaltim diprediksi hujan besok
Baca juga: Waspada karhutla, BMKG deteksi 45 titik panas di Kalimantan Timur

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023