Tanjungpinang (ANTARA) - Warga Kampung Bugis di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menggelar pawai obor sekaligus takbir keliling pada malam menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah, Jumat malam.

Para peserta terdiri atas anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan ibu-ibu pengajian ikut memeriahkan pawai obor dan takbir keliling tersebut.

"Pesertanya mencapai ratusan orang. Mereka berasal dari semua surau dan masjid yang ada di Kampung Bugis," kata Afrizal, salah seorang penginisiasi pawai obor dan takbir keliling, Jumat malam.

Para peserta pawai obor dan takbir keliling mulai bergerak dari depan Masjid Nurul Haq, kemudian berkeliling menelusuri gang hingga jalan-jalan besar di kawasan Kampung Bugis.

Baca juga: 135 mobil hias di Batam semarakkan pawai takbir keliling Idul Fitri

Mereka khususnya anak-anak berjalan sambil memegang obor yang terbuat dari bambu dan pada bagiannya dipasang kain yang disiram dengan minyak tanah supaya mengeluarkan api.

Sebagian peserta lainnya menabuh gendang menggunakan ember sambil melantunkan takbir.

Di belakang para peserta pawai obor dan takbir keliling terdapat iring-iringan pengendara sepeda motor sebagai pelengkap kemeriahan suasana malam takbiranIdul Fitri di Kampung Bugis.

"Kami juga membuat ornamen masjid yang dibawa menggunakan mobil pick up dan sepeda motor roda tiga," ujar Afirizal.

Baca juga: Polisi turunkan ratusan personel saat malam takbiran di Batam

Pemuda lainnya Ansyari Idris menyebut pawai obor dan takbir keliling rutin setiap tahunnya digelar di Kampung Bugis sebagai penanda datangnya bulan Syawal.

Ia yang juga menjadi bagian dari panitia pelaksana berharap pawai obor dan takbir keliling tetap dilaksanakan, selain untuk menyambut Lebaran juga menjadi bagian dari tradisi di tanah Melayu, Provinsi Kepri.

"Kegiatan seperti ini harus terus didorong untuk merajut kebersamaan dan persatuan warga, khususnya di Kelurahan Kampung Bugis," ucapnya.

Pemkot Tanjungpinang juga menggelar acara takbir keliling yang diikuti sekitar 130 peserta.

Baca juga: Pemkot Batam pusatkan shalat id di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Acara pelepasan dipusatkan di Terminal Sei Carang yang dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Tanjungpinang Rahma dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Pewarta: Ogen
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023