Jayapura (ANTARA) - Seratusan umat Islam, jamaah Masjid Jami Al-fatah Abepantai, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, mengikuti pawai obor menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah, Selasa malam.

Koordinator Takbiran Panitia Amal Ramadhan Masjid Jami Al-Fatah Abepantai Irianto Suara di Jayapura, Selasa, mengatakan pawai takbir keliling tersebut diikuti anak-anak, orang dewasa, termasuk pengurus masjid, dimulai pukul 20.00 dan berakhir pukul 21.30 WIT.

"Pawai obor dilaksanakan di sekitar kompleks masjid menggunakan mobil dengan diiringi alat musik rebana," katanya.

Baca juga: Umat Islam di Biak pawai takbir keliling menyambut Idul Fitri

Dia menjelaskan pawai takbir keliling menjadi agenda rutin setiap tahun umat Islam setempat untuk menyambut Idul Fitri.

"Kami bersyukur kegiatan ini berjalan aman dan lancar sesuai yang diharapkan oleh panitia," ujarnya.

Dia menjelaskan pawai obor di sekitar kompleks masjid dan tidak arak-arakan sebagai upaya menjaga keamanan serta ketertiban umum.

"Karena pihak kepolisian setempat juga telah mengeluarkan imbauan supaya takbir keliling hanya dilakukan di wilayah sekitar masjid untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," katanya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada semua warga, khususnya jamaah Masjid Jami Al-fatah Abepantai, yang mengikuti pawai obor menyambut Idul Fitri dengan tetap menjaga ketertiban sehingga berjalan dengan lancar dan kondusif.

Pawai obor berlangsung dimulai dari lingkungan Masjid Jami Al-fatah Abepantai menuju kompleks Ambon, kompleks Fakfak, dan kembali masjid tersebut.

Baca juga: Menag sebut sidang isbat jadi ruang dialog bagi umat Islam
Baca juga: Presiden Jokowi berharap Idul Fitri momentum saling memaafkan
Baca juga: Warga Lombok Tengah pawai takbiran keliling, sambut Idul Fitri

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024