Tidak ada biaya atau gratis
Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 120 unit kendaraan sepeda motor yang ditinggal pemiliknya mudik dititipkan ke kantor polisi Polres Lampung Timur, Polda Lampung dengan tujuan untuk mencegah terjadinya tindak kriminal.

Kapolres Lampung Timur, AKBP Muhammad Rizal Muchtar mengatakan penitipan ratusan unit kendaraan roda dua tersebut merupakan bentuk kepercayaan masyarakat kepada Polri.

"Kami menerima titipan sepeda motor milik karyawan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang bergerak di bidang koperasi. Motor berbagai jenis ini dititipkan di Polres Lampung Timur dan Polsek jajaran selama mudik Lebaran 2023," katanya di Lampung Timur, Jumat.

Dia melanjutkan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2023, pihaknya siap memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran dan perayaan Idul Fitri 1444 H.

Penitipan kendaraan tersebut, lanjut dia, tidak ada pungutan biaya bagi masyarakat yang menitipkan kendaraannya.

"Tidak ada biaya atau gratis. Tidak hanya kendaraan milik perusahaan, masyarakat juga dapat menitipkan kendaraan nya bagi yang rumahnya tidak memiliki petugas keamanan seperti satpam dan lainnya," kata dia.

Rizal menambahkan ratusan kendaraan yang dititipkan tersebut di antaranya berada di Polres Lampung Timur sebanyak 12 unit, Polsek Labuhan Ratu tujuh unit, Polsek Sekampung Udik 28 unit, Polsek Pasir Sakti 19 unit, Polsek Marga Tiga sembilan unit, Polsek Labuhan Maringgai 13 unit, Polsek Batanghari Nuban sepuluh unit, Polsek Purbolinggo tujuh unit, dan Polsek Sekampung 15 unit.

"Pada mudik ini saya juga mengimbau masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran agar berhati-hati selama diperjalanan, bila lelah dalam berkendara agar beristirahat di rest area dan pos-pos Pam dan pelayanan Operasi Ketupat 2023 yang berada di sepanjang jalan. Kemudian agar aman, kendaraan atau rumah yang ditinggal mudik baiknya dititipkan ke kantor polisi terdekat atau kepada para Bhabinkamtibmas dan kami siap mengamankannya selama masyarakat mudik lebaran," tambahnya.

Baca juga: Polres Aceh Besar buka tempat penitipan kendaraan gratis bagi pemudik
Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan layanan penitipan kendaraan secara gratis

Pewarta: Agus Wira Sukarta/Damiri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023