Koba, Babel, (ANTARA) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman melepas seratusan kendaraan roda dua dan empat, dalam kegiatan takbir keliling menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1444 Hijriah.

"Mari kita kumandangkan takbir di hari kemenangan ini setelah tiga tahun tidak kita gelar karena pandemi COVID-19," ujarnya di Koba, Jumat malam.

Kegiatan takbir keliling yang digelar Pemkab Bangka Tengah ini mengambil rute dari kantor bupati setempat menuju jalan sepanjang Desa Nibung hingga Desa Terentang sepanjang sekitar 20 kilo meter.

"Kita syiarkan agama Islam dan sambut kemenangan secara fitri," ujar bupati yang juga mengikuti kegiatan takbir keliling.

Algafry berharap dengan berakhirnya masa pandemi ini, silahturahmi bisa terjalin dengan aman dan suasana kamtibmas selalu terjaga.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat berlebaran dan mohon maaf lahir dan batin, mari jaga keamanan dan ketertiban serta selalu jalin silaturahim dengan baik," ujarnya.

Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono mengatakan, pihaknya siap siaga dalam mengamankan suasana Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kita selalu siaga dalam menjaga suasana kamtibmas dengan baik bersama semua pihak yang tergabung dalam operasi Ketupat gabungan ini," ujarnya.

Seorang warga Bangka Tengah, Mustar (45) mengaku sangat rindu dengan suasana lebaran yang ramai dan takbir keliling yang menambah suasana asli Idul Fitri.

"Senang akhirnya bisa takbir keliling, tidak ada pembatasan sosial lagi dan lebaran yang sudah kita rindukan selama tiga tahun dikekang akibat pandemi COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023