kami bangga bisa merayakan Idul Fitri dengan penuh cinta kasih
Gorontalo (ANTARA) - Pawai obor malam takbiran memperingati lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023, mewarnai lintas Sulawesi bagian barat Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Jumat malam.

"Kami bersama Karang Taruna Ardhani Widya Bakti, menggelar pawai obor untuk menyemarakkan malam takbiran pada lebaran tahun ini," kata Kepala Desa Zuriati, Kecamatan Monano, Ikhy Lewo.

Pawai takbiran dirangkaikan dengan pawai obor menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 itu, melalui lintas Sulawesi bagian barat khususnya di Kecamatan Monano, dengan rute sepanjang 10 kilometer.

Baca juga: Malam takbiran di Kampar dimeriahkan pawai kendaraan hias
Baca juga: Warga Deli Serdang pawai obor meriahkan malam takbiran

Pawai obor dengan berjalan kaki itu, diikuti para pemuda Karang Taruna dan remaja masjid di desa-desa khusus di wilayah Kecamatan Monano.

"Kami bangga bisa merayakan Idul Fitri dengan penuh cinta kasih. Apalagi peserta pawai didominasi remaja dan pemuda di wilayah ini dari berbagai kalangan, termasuk pemuda unsur forum komunikasi antar umat beragama. Sungguh semarak dan tertib, berhias keindahan lampu-lampu obor," katanya.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara, AKBP Andik Gunawan mengatakan, pawai obor yang digelar di setiap desa maupun kecamatan, diimbau berlangsung tertib serta memperhatikan arus kendaraan di jalur-jalur utama lintas Sulawesi.

"Kami mengimbau agar pawai obor tidak melewati jam malam atau di atas pukul 24.00 WITA. Pawai pun diwajibkan tertib dan tidak mengganggu kendaraan di sepanjang lintas Sulawesi mengingat arus mudik terpantau masih cukup ramai," imbuhnya.

Baca juga: Malam takbiran di Manado diwarnai dengan kendaraan hias
Baca juga: Warga Golo Mori Manggarai Barat-NTT teruskan tradisi takbiran obor
Baca juga: Ribuan umat Muslim di Mataram ikut pawai takbiran sambut Idul Fitri
Pawai obor menyemarakkan malam takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023, dilakukan Pemuda Karang Taruna Ardhani Widya Bakti di lintas Sulawesi bagian barat, wilayah Kecamatan Monano, Gorontalo Utara. ANTARA/Susanti Sako

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023