Secara umum kami informasikan kepada masyarakat bahwa Sumbar dalam keadaan aman dan kondusif. Lalu lintas lancar, aman, tertib, terkendali di mana diterapkan beberapa sistem
Padang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono memastikan Sumbar saat malam takbiran pada Jumat (21/4) malam berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif.

"Secara umum kami informasikan kepada masyarakat bahwa Sumbar dalam keadaan aman dan kondusif. Lalu lintas lancar, aman, tertib, terkendali di mana diterapkan beberapa sistem. Ada one way sistem, ada rekayasa lalu lintas di simpul kemacetan," kata dia saat melakukan pengecekan pos pengamanan di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan khusus untuk Kota Padang ada 14 pos yang terdiri atas pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

Untuk pos yang berada di Masjid Al Hakim merupakan pos terpadu, di pos ini pemerintah dan aparat keamanan menyiagakan sejumlah personel yang terdiri atas TNI, Polri, Satpol PP, Kesehatan, serta unsur masyarakat.

"Untuk penugasan kami bentuk menjadi tiga shift, setidaknya sepertiga kekuatan siap melayani masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumbar antisipasi kemacetan saat liburan Idul Fitri

Ia menjelaskan kegiatan pengecekan dan pengamanan tersebut belum berakhir karena pada hari raya ke dua dan ke tiga di Sumbar, diprediksi kendaraan akan ramai masuk, serta tempat kuliner juga tempat lainnya yang akan dikunjungi masyarakat.

"Untuk mudik dan kegiatan apapun di luar rumah, kami pastinya kita tetap meningkatkan kewaspadaan dari hal yang tak diinginkan," kata dia

Dirinya berharap masyarakat dapat mematuhi dan tertib dalam berlalu lintas dan juga menjaga keamanan di masing-masing keluarganya dan rumahnya yang ditinggalkan.

Selain itu ia meminta masyarakat untuk lebih hati-hati, dan waspada ketika membawa anak-anak dan bermain di pantai.

"Lebih bagus jangan berenang, karena faktor cuaca, ombak atau kedalaman laut yang di mana pendatang ini belum tahu bagaimana kerawanan di wilayah perairan dan juga tempat lain, tempat penyeberangan, wisata manapun, kami tetap memohon untuk tetap waspada," kata dia.

Kapolda Irjen Pol Suharyono bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama rombongan juga meninjau Pospam Danau Cimpago dan Pospam Simpang Tabing. Dalam kesempatan peninjauan tersebut, Kapolda didampingi Gubernur Sumbar juga menyerahkan bingkisan kepada petugas Pospam.

Baca juga: Kapolda Sumbar : Alat berat disiagakan di daerah rawan longsor
Baca juga: Ombudsman nilai penerapan sistem satu arah di Sumbar cukup efektif

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023