tetap waspada potensi hujan lebat disertai petir
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian wilayah di Sumatera Utara pada hari pertama Lebaran 1444 Hijriah atau Sabtu (22/4) berpotensi diguyur hujan sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Christin Matondang, Sabtu, mengatakan, secara umum cuaca hari ini siang dan sore hari cerah berawan dan berpeluang hujan ringan hingga hujan lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Langkat, Karo, Humbang Hasundutan, Pakpak Barat. Dairi, Tapanuli Tengah, Sibolga, Toba, Tapanuli Utara, Nias, Deli Serdang, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Malam hari berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Cuaca Bali cerah berawan saat libur Idul Fitri 20-22 April
Baca juga: BMKG: Idul Fitri, mayoritas kota besar Indonesia turun hujan

Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Sementara suhu Udara: 16 - 33 derajat Celsius, kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.

"Atas kondisi tersebut kepada masyarakat di wilayah Sumatera Utara diimbau untuk tetap waspada potensi hujan lebat disertai petir terutama di kawasan pegunungan dan Lereng Timur Sumatera Utara," katanya.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi cuaca ekstrem di Sulut pada 21-23 April
Baca juga: Bandara Soetta berkoordinasi dengan BMKG antisipasi cuaca ekstrem

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023