Hari raya bukanlah untuk bergembira atau bermain di dunia, tapi adalah hari melaksanakan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta ala (SWT) untuk meningkat zikir, tahmid, dan tauhid
Banda Aceh (ANTARA) - Ribuan masyarakat dari Banda Aceh dan sekitarnya menunaikan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Sabtu (22/4) 2023.

Shalat Idul Fitri di Blang Padang ini dipimpin salah satu imam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Tgk H Zamhuri Ramli. Sementara yang bertindak sebagai khatib Tgk Syahminan yang merupakan dosen dan pernah menjabat Wakil Dekan III pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh.

Berdasarkan keputusan sidang isbat oleh Pemerintah melalui Kementerian Agama menyatakan Lebaran Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Dosen UIN tersebut menyampaikan khutbah berjudul "Memaknai Secara Benar Hakikat Hari Raya Idul Fitri". Dalam ceramahnya, ia mengatakan bahwa hari kemenangan ini bukanlah untuk bergembira atau bermain dunia melainkan dimanfaatkan sebagai momen untuk meningkatkan ibadah.

"Hari raya bukanlah untuk bergembira atau bermain di dunia, tapi adalah hari melaksanakan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta ala (SWT) untuk meningkat zikir, tahmid, dan tauhid," katanya.

Ia juga mengingatkan para jamaah salat Id agar terus memelihara ibadah terutama zikir sebagaimana yang telah dikerjakan pada bulan Ramadhan dan tidak meninggalkan ibadah yang wajib

"Jangan lagi setelah selesai puasa kita tidak melaksanakan shalat wajib dan marilah kita terus berzikir. Ada zikir yang harus dipelihara oleh setiap manusia," demikian Tgk Syahminan.

Baca juga: Ratusan personel disiagakan Basarnas Banda Aceh pada mudik Idul Fitri

Baca juga: Ratusan Umat Muhammadiyah Banda Aceh Tunaikan Shalat Idul Fitri

Baca juga: Banda Aceh salurkan Rp3,48 miliar zakat untuk 5.220 fakir miskin

Baca juga: Jamaah Shalat Idul Adha membludak di Masjid Baiturrahman Aceh

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023