Simpang Empat,- (ANTARA) -
Pemuda lintas agama Nagari Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan pengamanan kendaraan bermotor bagi umat Islam yang sedang melaksanakan sholat Idul Fitri 1444 hijriah, Sabtu.
 
"Ini sebagai bentuk toleransi antar umat beragama di Nagari Ophir. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemuda lintas agama," kata Ketua Karang Taruna Nagari Ophir Wisnu di Simpang Empat, Sabtu.
 
Ia mengatakan selain pengamanan parkir kendaraan, pemuda lintas agama juga ikut mengatur arus lalu lintas keluar masjid selama pelaksanaan sholat Idul Fitri 1443 hijriah.
 
Menurutnya silaturahmi dan toleransi antar sesama di tengah hidup keberagaman di Nagari Ophir selalu terjalin sejak dahulunya.
Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan sebagai bentuk menjunjung tinggi nilai silaturahmi antar sesama meskipun berbeda agama.
 
Ia menyebutkan toleransi antar umat beragama di Nagari Ophir sudah berjalan turun temurun dari generasi sebelumnya hingga generasi penerus saat ini.
 
Berbagai kegiatan sosial masyarakat,
seperti pemakaman dan kegiatan masyarakat lainnya juga selalu menjunjung tinggi toleransi.
 
"Selain perayaan shalat Idul Fitri dan Idul Adha, pemuda muslim juga membantu hal yang sama dalam perayaan malam Natal dan hari Natal," katanya.
 
Salah seorang pemuda lintas agama Baginda Saman mengatakan kegiatan pengamanan parkir kendaraan dan lalu lintas kendaraan merupakan sebagai bentuk toleransi antar sesama manusia.
 
"Ada sekitar 50-60 orang pemuda lintas agama yang berpartisipasi dalam pengamanan sholat Idul Fitri di dua masjid yakni Masjid Raya Nurul Iman dan Masjid Al Muhajirin," katanya.
 
Ia berharap toleransi antar umat beragama ini akan terus terjalin dan semakin baik ke depannya.
 
 
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023