Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto mengatakan Idul Fitri 1444 Hijriah merupakan momentum untuk introspeksi diri setelah sebulan meningkatkan ibadah di Bulan Suci Ramadhan.

Prabowo memaknai hari raya ini sebagai hari kemenangan dengan berbagai hal positif. Hal itu dikatakan Prabowo usai melaksanakan Sholat Ied di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan.
 
“Ya ini kan ibadah, khutbahnya juga katakan tadi kita menjalankan puasa, detoksifikasi, kontrol diri, banyak makna lah," ujar Prabowo dalam keterangan diterima di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, menurut Prabowo, Idul Fitri juga merupakan momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, seraya memperbaiki kualitas hati dan pikiran.
 
"Mendekatkan diri kita kepada Yang Maha Kuasa, pasrah, tawakal, rendah hati, mawas diri, saya kira banyak sekali," kata dia.
 
Usai melaksanakan sholat Id, Prabowo mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Prabowo kemudian bercengkrama dengan masyarakat sekitar setelah shalat selesai dilaksanakan.
 
Dia pun melanjutkan agenda Lebaran dengan berkumpul bersama keluarga besar di rumahnya dan melanjutkan perjalanan menuju Solo, Jawa Tengah.
 
Sebelumnya, Prabowo menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1444 Hijriah untuk seluruh umat Muslim di Indonesia. Ia mengajak masyarakat untuk menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Saya Prabowo Subianto mengucapkan, selamat hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Marilah kita menyongsong hari esok yang lebih baik, Indonesia yang terus maju, Indonesia yang aman, adil dan makmur," ujar Prabowo dalam video yang diunggah YouTube Kemhan RI, Jumat (22/4).

Baca juga: Prabowo: Kajian Lemhannas berharga tingkatkan kewaspadaan pertahanan

Baca juga: Susi Pudjiastuti temui Prabowo di Kementerian Pertahanan

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023