Madiun (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedono Madiun, Jawa Timur mengantisipasi lonjakan pasien selama masa momentum Lebaran 2023 dengan menyiagakan petugas kesehatan saat libur cuti bersama berlangsung.

"Selama tanggal 19-25 April, kami menyiagakan tiga shift petugas. Per shift ada tujuh tenaga kesehatan di UGD. Selain itu, pelayanan rawat jalan juga ada 2 hari sebelum dan 2 hari sesudah Hari Raya untuk mengurangi 'tension' di UGD," ujar Direktur RSUD dr Soedono, dr Tauhid Islamy, SpOG di Madiun, Sabtu.

Menurut dia, tersedianya petugas dan pelayanan medis di saat libur Lebaran 2023 tersebut menyusul antisipasi pengalaman dari tahun sebelumnya, di mana pada libur Lebaran tahun 2022 terdapat banyak pasien yang perlu mendapatkan penanganan.

Sesuai data yang ada, jumlah pasien di unit UGD RSUD Soedono pada H-3 hingga H+6 Idul Fitri tahun 2021 sebanyak 601 pasien. Angka itu mengalami kenaikan pada Lebaran 2022 yang mencapai 793 pasien.

Sedangkan angka pasien kecelakaan lalu lintas pada H-3 hingga H+6 Lebaran juga mengalami kenaikan selama 2021-2022. Pada 2021, jumlah pasien kecelakaan lalu lintas terdapat 21 pasien. Sedangkan, pada 2022 naik menjadi 47 pasien.

Baca juga: Wagub Jatim minta RSUD Soedono Madiun jaga ketersediaan tempat tidur

Baca juga: Khofifah dorong trauma center RSUD Soedono jadi referensi nasional


"Untuk itu, kita sudah antisipasi, demikian juga dengan penyediaan tempat tidur atau 'bed". Dimana di UGD ada enam bed di zona merah, delapan bed di zona kuning, dan delapan bed di zona hijau. Kemudian, di triase ada tiga bed," kata dia.

Selain itu, Soedono juga menyediakan 261 tempat tidur di ruang perawatan "Low Care", 13 tempat tidur di ICU Ventilator, 25 tempat tidur di ICU Non-Ventilator, dan 11 tempat tidur di ICCU.

Meski ada kenaikan jumlah pasien dari 2021 ke 2022, dr Tauhid mengungkapkan belum ada urgensi penambahan bed tahun ini.

"Pengalaman tahun 2022, puncaknya terdapat 96 kedatangan pasien selama 1 hari pada H+1 Lebaran. Ternyata, itu bisa kita tangani karena dari 96 pasien itu tidak semuanya emergency dan rawat inap," terangnya.

Dengan penyediaan tim dan pelayanan medis tersebut, manajemen RSUD dr Soedono Madiun diharapkan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien selama momen libur Lebaran tahun ini berlangsung.

Baca juga: RSUD Soetomo Surabaya siagakan 400 tenaga medis selama libur Lebaran

Baca juga: RSUD Penajam tetap beroperasi selama libur Lebaran


 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023