Kedatangan pemudik dari tanggal 14 April sampai sekarang ada 6.100 orang, sementara busnya ada 500 unit.
Semarang (ANTARA) - Terminal Tipe A Mangkang di Semarang, Jawa Tengah, mencatat kedatangan setidaknya  6.100 pemudik dari berbagai daerah, terutama Jakarta dan Cirebon pada arus mudik Lebaran 2023 mulai 14-22 April.

"Kedatangan pemudik dari tanggal 14 April sampai sekarang ada 6.100 orang, sementara busnya ada 500 unit," kata Kepala Terminal Tipe A Mangkang Semarang Reno Adi Pribadi di Semarang, Sabtu.

Diakuinya, jumlah tersebut hanya penumpang yang terdata turun ke Terminal Mangkang, sebab ada bus yang memilih tidak masuk ke dalam terminal karena turun di jalan dan masih ada terminal bayangan.

Baca juga: Arus mudik dua terminal bus Bandung secara umum kondusif

Menurut dia, jumlah kedatangan penumpang itu sudah termasuk pemudik yang mengikuti program mudik gratis yang menggunakan armada bus dengan tujuan akhir Terminal Mangkang Semarang.

"Untuk kedatangan penumpang sejauh ini masih landai ya. Apalagi sekarang sudah hari H Lebaran. Bus dari Transsumatra juga tidak terlihat masuk. Biasanya kalau arus mudik seperti ini pasti ada," katanya.

Ia menduga banyak bus yang memilih tidak memasuki Terminal Mangkang dan malah menaik-turunkan penumpang di terminal-terminal bayangan yang terpantau ada di tiga titik di Kota Semarang.

Setidaknya, kata Reno, ada tiga terminal bayangan di Kota Semarang yang kembali beroperasi meski telah ditertibkan sebelumnya, yakni Pasar Sukun, Terboyo, dan kawasan Krapyak-Siliwangi.

Dengan keberadaan terminal-terminal bayangan, ia mengatakan data jumlah penumpang di terminal resmi, termasuk Terminal Mangkang tidak bisa terdata 100 persen karena bus tidak masuk ke terminal resmi.

"(Data kedatangan penumpang, red.) Banyak bocornya. Ada yang diturunkan di terminal-terminal bayangan, ada yang mungkin turun di jalan. Kami kan hanya bisa memantau bus yang masuk ke sini," ujarnya.

Baca juga: Pemudik tiba di Terminal Bus Mandala Lebak Banten H-1 capai 740 orang

Selain itu, kata dia, keberadaan terminal bayangan juga membuat peluang kerawanan tindak kejahatan terhadap pemudik meningkat dan pemudik juga bisa dikenai harga tiket yang tidak sesuai aturan.

Untuk arus balik Lebaran 2023, Reno memperkirakan terjadi antara 28-29 April mendatang, dan Terminal Mangkang sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik saat arus balik.

Di Terminal Mangkang Semarang, sudah disiapkan posko pengamanan dan posko kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang membutuhkan informasi maupun penanganan kesehatan.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023