Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen takluk dari Mainz dengan skor 1-3 pada pekan ke-29 Liga Jerman di Stadion Mewa Arena, Mainz, Sabtu sore waktu setempat.

Pada pertandingan tersebut Bayern Muenchen sempat unggul lebih dulu melalui gol Sadio Mane, namun Mainz dapat bangkit serta membalas berkat Ludovic Ajorque, Leandro Barreiro serta Aaron Caricol, demikian catatan Liga Jerman.

Kekalahan ini membuat Bayern Muenchen turun ke posisi kedua klasemen sementara Liga Jerman dengan torehan 59 poin dari 29 laga karena Dortmund mampu mengamankan kemenangan atas Eintracht Frankfurt, sedangkan Mainz naik ke posisi enam dengan raihan 45 poin.

Pada pertandingan ini Bayern Muenchen tampil dominan dalam penguasaan bola dengan torehan 74 persen, namun Mainz unggul ketika melepaskan tendangan dengan 12 tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Bayern Muenchen mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada babak pertama dan memiliki peluang melalui tendangan Thomas Muller yang dapat dihalau oleh bek sayap Silvan Widmer.

Skuad asuhan Thomas Tuchel sempat mencetak gol melalui tendangan yang dilepaskan oleh Sadio Mane, namun pada akhirnya gol tersebut dianulir wasit karena pemain asal Senegal itu lebih dulu berada dalam posisi offside.

Baca juga: Tuchel tanggung jawab penuh atas tersingkirnya Bayern di DFB Pokal

Bayern berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-29 melalui gol yang dicetak oleh Sadio Mane memanfaatkan umpan dari Joao Cancelo sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Selanjutnya pada sisa waktu babak pertama Bayern Muenchen tetap mendominasi jalannya laga, sedangkan Mainz sesekali mengancam, namun skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua giliran Mainz yang mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memiliki peluang melalui tendangan Aaron Martin Caricol yang maasih menyamping dari gawang Bayern.

Mainz berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-65 melalui gol yang dicetak oleh Ludovic Ajorque memanfaatkan bola pantul dari tendangan Andreas Hanche-Olsen sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Baca juga: Mainz perpanjang catatan kemenangan saat pukul Moenchengladbach 4-0

Mampu menyamakan kedudukan, Mainz semakin bersemangat untuk berbalik unggul menjadi 2-1 dan berhasil pada menit ke-73 melalui tendangan Leandro Barreiro yang memanfaatkan umpan Karim Onisiwo.

Berselang enam menit, Mainz mampu unggul 3-1 pada menit ke-79 melalui gol yang dicetak oleh Aaron Caricol setelah memanfaatkan umpan Hanche-Olsen.

Pada sisa waktu babak kedua Bayern Muenchen melakukan beberapa pergantian dan memasukkan pemain dengan tipe menyerang seperti Leroy Sane dan Serge Gnarby untuk mencari gol penyeimbang. Namun hingga peluit panjang berbunyi, skor 3-1 untuk keunggulan Mainz tetap bertahan.

Selanjutnya pada pekan ke-30 Liga Jerman, Bayern Muencehn akan menghadapi Hertha, Minggu (30/4), sedangkan Mainz akan bertandang ke markas Wolfsburg, di hari yang sama.
 
Baca juga: Borussia Dortmund naik ke puncak klasemen usai tekuk Frankfurt 4-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023