Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 1.000 umat Islam di Filipina mengikuti shalat Idul Fitri 1444 H di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila, Filipina pada Sabtu (22/4).

Tidak hanya Warga Negara Indonesia (WNI), umat Islam asal Filipina dan negara lainnya seperti Bangladesh, India, Pakistan, dan Turki, yang juga turut mengikuti shalat Idul Fitri 1444 H di KBRI Manila.

“Masyarakat Muslim yang ada di Manila dan sekitarnya tampak kembali antusias untuk melakukan shalat berjamaah dalam jumlah besar,” kata Dubes Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo.

Disebutkan bahwa Dubes memaklumi antusiasme masyarakat Muslim di Manila dan sekitarnya karena sudah tiga tahun tidak melaksanakan shalat Idul Fitri berjamaah skala besar akibat pandemi COVID-19.

Menurut keterangan tertulis dari KBRI Manila yang diterima ANTARA, shalat Idul Fitri 1444 H dipimpin oleh Ustad Muhammad Hizbullah yang juga sekaligus menjadi Khatib pada ibadah tersebut.

Dalam khutbahnya, Ustad Muhammad Hizbullah, yang hadir berkat kerja sama antara Mesjid Attaqwa KBRI Manila dan Dompet Dhuafa, menegaskan hikmah ibadah puasa yang telah dijalani oleh seluruh umat Islam selama Ramadhan.

Ia menyebutkan ibadah puasa Ramadhan adalah wujud kecintaan dan ketaatan umat Islam pada Allah SWT, selain memberikan manfaat positif bagi masing-masing umat.

Ibadah salat Idul Fitri 1444 H berlangsung secara khidmat dengan penerapan protokol kesehatan di mana jamaah yang hadir diwajibkan telah mendapatkan vaksin dan booster. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara KBRI Manila dan Mesjid Attaqwa KBRI Manila.

Selain itu, Dubes Agus Widjojo melakukan open house di kediaman Dubes RI di Manila setelah melaksanakan salah Idul Fitri 1444 H untuk WNI yang berada di Manila dan sekitarnya untuk memenuhi kerinduan mereka atas suasana Lebaran di Tanah Air.

Berbagai hidangan khas Lebaran disajikan dalam acara open house tersebut, seperti opor ayam, rendang daging, sayur labu, sate ayam, dan berbagai jajanan khas Indonesia seperti kue dadar gulung dan kue talam.

Dubes juga mengucapkan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena seluruh masyarakat Indonesia di Manila dapat berkumpul dan bersilaturahmi dan mempererat jalinan hubungan kekeluargaan antara sesama WNI yang sedang berada di negeri asing.

Baca juga: Pakar kesehatan: Jaga porsi makan seimbang saat Lebaran
Baca juga: Dubes: Lebaran momentum diaspora Indonesia pererat persaudaraan

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023