Simpang Empat,- (ANTARA) -
Kunjungan di objek wisata Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada hari kedua Lebaran 2023 mulai ramai dikunjungi masyarakat seiring telah dibukanya pekan seni budaya di Pantai Sasak, Minggu.
 
"Warga sudah mulai berdatangan ke Pantai Sasak. Namun belum terlalu padat karena masih hari kedua lebaran dimana warga masih sibuk pergi berlebaran ke rumah sanak familinya," kata Kepala Dinas Pariwisata Decky H Sahputra melalui Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Fajri di Simpang Empat, Minggu.
 
Ia mengatakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat mulai ramai menuju Pantai Sasak yang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Pasaman Barat.
 
Pihaknya memperkirakan puncak kunjungan wisata akan terjadi pada Senin (24/4) dan Selasa (25/4).
 
Selain di Pantai Sasak itu, katanya, warga bisa menikmati Pantai Muaro Sasak, Pohon Seribu dan Pantai Indah Maligi.
 
Selain Pantai Sasak, juga ada destinasi wisata di Pantai Sikabau dan Pantai Air Bangis.
 
Ia mengimbau kepada pengunjung agar dapat melaporkan jika ada pungutan liar dan premanisme di objek wisata.
 
"Kita ingin mulai tahun ini pengunjung bisa melaporkan ke pihak terkait baik pihak nagari maupun ke Dinas Pariwisata," ujarnya.
 
Ia mengatakan dengan dibukanya pekan seni budaya ini maka diharapkan masyarakat tetap hati-hati selama menikmati libur lebaran di Muaro Sasak, Pohon Seribu dan Pantai Indah Maligi.
 
Bagi warga yang memiliki anak kecil diharapkan dapat diawasi dengan ketat dan jangan biarkan main sendirian di tepi pantai.
 
Pihaknya tidak ingin kejadian yang sama terjadi di Pantai Sasak seperti apa yang terjadi di Lubuk Cempong Kinali yang memakan korban. Meskipun sebenarnya lokasi itu tidak masuk daftar destinasi wisata di Pasaman Barat.
 
Salah seorang pengunjung Ade (30) mengatakan cukup senang dengan dibukanya objek wisata Pantai Sasak.
 
"Mudah-mudahan tidak ada lagi pungutan liar dan premanisme. Saat ini saya lihat sudah mulai tertib dan mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi," harapnya.
 
Pantai Sasak berada di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Simpang Empat.
 
Selain wisata pantai, pengunjung bisa menikmati wisata pohon seribu dan wisata kuliner khas Sasak.
 
Kemudian Pantai Sikabau Kecamatan Parit Koto Balingka memiliki pantai yang putih dan menjadi salah satu destinasi andalan wisata di Pasaman Barat.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023