Jayapura (ANTARA) - Berbagai tempat wisata yang ada di seputaran Kota Jayapura akan beroperasi setiap hari selama libur lebaran Idul Fitri 1444 H.
 
Selama liburan tempat tempat wisata akan membuka lokasinya agar masyarakat dapat mengisi waktu libur dengan bersantai di pondok yang disediakan di pinggir pantai.
 
"Untuk memberikan kepuasan  kami sudah melakukan pembenahan guna memberikan rasa nyaman kepada pengunjung," kata Marthen, seorang pengelola pondok di kawasan pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan kepada Antara, Senin pagi di Jayapura.
 
Diakui, pondok wisata yang dikelolanya dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu atau ada pemberitahuan terlebih dahulu namun saat libur akan di buka setiap hari.
 
Untuk memberikan rasa nyaman, pembenahan sudah dilakukan dengan memperbaiki pondok atau tempat pembakaran ikan yang rusak sehingga dapat digunakan.
 
Kebetulan memang ada atap pondok yang sudah rusak sehingga dengan diperbaiki maka diharapkan pengunjung makin nyaman.
 
"Pondok yang dilengkapi pembakaran ikan memang yang dicari pengunjung dan disewakan dengan harga Rp 250.000/ pondok, " kata Marthen.
 
Hal senada juga dikatakan Alfrida yang mengelola pondok wisata di pantai Base G, Distrik Jayapura Utara yang berharap selama liburan nanti pengunjung berdatangan.
 
"Untuk sewa pondok harga yang kami berikan masih bisa ditawar namun itu diberikan bila menyewa beberapa pondok sekaligus, " ungkap Alfrida.
 
Selain pantai, sejumlah cafe yang tersebar di sekitar pantai Holtekam juga menjadi sasaran warga dan lokasi pantai yang menjadi tempat wisata yaitu Pantai Base G, Pantai Hamadi dan Pantai Holtekam.
 
Libur lebaran Idul Fitri di Papua dijadwalkan mulai tanggal 19-25 April dan aktivitas baik perkantoran maupun persekolahan dimulai kembali tanggal 26 April.
 
"Karena ketiga objek wisata itu selain mudah dijangkau karena jaraknya cukup dekat, tetapi juga aman untuk dikunjungi olah wisatawan," ujarnya.
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023