Jakarta (ANTARA) - Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan selalu menjadi destinasi favorit warga ketika masuk masa liburan, seperti hari libur Idul Fitri 1444 Hijriah karena murah dan berada di wilayah perkotaan.
 
Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang mengatakan, jumlah pengunjung pada Ahad pukul 08.00 WIB sudah mencapai hampir 5.000 orang.
 
"Baru satu jam setelah dibuka, pukul 8 pagi data yang saya terima hampir 5 ribu orang yang datang ke Taman Margasatwa Ragunan pada hari kedua libur Lebaran," kata Wahyudi di Pos Pusat Informasi Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.
 
Seorang pengunjung, Salma (21) mengaku bahwa Ragunan menjadi salah satu pilihannya untuk menghabiskan masa libur Lebaran karena biaya masuk yang murah.
 
Meskipun saat ini untuk masuk ke Ragunan menggunakan kartu Jakcard, pengunjung asal Bekasi ini merasa lebih mudah dengan adanya kartu tersebut.
 
"Saya biasanya ke sini sama teman atau saudara, soalnya harganya bersahabat, sama kantong kita mahasiswa, murah gitu," katanya.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan siap sambut Idul Fitri
 
Pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan ramai pengunjung pada lebaran hari kedua, Minggu (23/4/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)

Selain murah, Ragunan juga dinilai dekat dan mudah diakses dengan kendaraan umum.
"Apalagi sekarang pakai kartu Jakcard, ya emang sih harus bayar Rp45 ribu tapi kan kartunya bisa dipakai kalau mau ke sini lagi atau naik busway," kata Salma

Pengunjung lainnya asal Bogor bernama Yuni (46) mengatakan, alasannya berlibur di Ragunan saat Lebaran hari kedua karena lokasinya mudah dijangkau.
 
"Iya sih Ragunan itu letaknya di Jakarta Selatan, saya dari Bogor. Tapi lokasi Ragunan ini termasuk gampang, tinggal naik kereta bisa lanjut angkot atau kendaraan online, jadi bawa anak dan keluarga saya ke sini juga ga ribet," kata Yuni.
 
Pengunjung yang ingin lebih praktis dalam pemesanan tiket, bisa melakukan pembelian tiket secara daring melalui aplikasi "Taman Margasatwa Ragunan".
 
Sedangkan untuk membeli tiket di tempat bisa menggunakan akses JakCard dengan saldo Rp20 ribu seharga Rp45 ribu. Sedangkan harga tiket masuk Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 bagi anak-anak.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023