Banyumas (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, optimistis Lokawisata Baturraden tetap menjadi andalan daerah itu sebagai objek wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan saat momentum Lebaran.

"Meskipun di Banyumas saat sekarang ada beberapa destinasi wisata baru, Lokawisata Baturraden tetap ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran seperti sekarang ini," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Wardoyo di Baturraden, Banyumas, Minggu.

Menurut dia, hal itu terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan di Lokawisata Baturraden pada H2 Lebaran atau Minggu (23/4) meningkat dari hari-hari biasa yang rata-rata berkisar 2.000 orang per hari.

Berdasarkan data sementara dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pariwisata Baturraden, kata dia, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lokawisata Baturraden hingga pukul 15.00 WIB tercatat sebanyak 4.010 orang.

"Jumlah pastinya baru dapat diketahui selepas pukul 17.00 WIB," jelasnya.

Selain Lokawisata Baturraden, kata dia, tiga destinasi wisata lainnya yang dikelola BLUD Pariwisata Baturraden juga ramai dikunjungi wisatawan pada H2 Lebaran.

Dalam hal ini, lanjut dia, jumlah pengunjung Taman Apung Mas Kemambang Purwokerto untuk sementara mencapai 1.054 orang, Menara Teratai Purwokerto sebanyak 456 orang, dan Taman Botani sebanyak 407 orang.

Ia memperkirakan puncak kunjungan wisatawan akan berlangsung pada H+1 Lebaran dan H+2 Lebaran atau Senin (24/4) dan Selasa (25/4).
Iring-iringan kendaraan wisatawan meninggalkan Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, pada H2 Lebaran, Minggu (23/4/2023), karena cuaca mendung dan sempat terjadi gerimis. ANTARA/HO-Sumarwoto

"Trennya dari tahun ke tahun memang seperti itu, sebagian besar masyarakat masih disibukkan dengan silaturahmi pada H2 Lebaran, kemudian mereka berwisata pada H+1 Lebaran," katanya.

Ia mengakui kondisi cuaca yang tidak menentu berdampak terhadap kunjungan wisatawan di destinasi wisata alam seperti Lokawisata Baturraden.

"Ya seperti hari ini (23/4), cuaca tadi pagi terlihat cerah, namun siang menjelang sore mendung dan sempat gerimis, sehingga sebagian wisatawan buru-buru pulang karena khawatir terjadi hujan lebat," kata Wardoyo.

Seorang wisatawan, Ruswanto mengaku sengaja berwisata pada hari Minggu (23/4) agar keesokan harinya bisa mempersiapkan diri sebelum kembali ke Jakarta pada hari Selasa (25/4).

"Yang pasti, ketika mudik ke Purwokerto akan terasa tidak lengkap jika enggak singgah di Lokawisata Baturraden," katanya. 

Baca juga: Luhut minta percepat kendaraan listrik di destinasi pariwisata


Baca juga: Ratusan obyek wisata di Jateng dibuka secara terbatas

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023