Saya dan keluarga melakukan shalat Idul Fitri bersama diaspora Indonesia dan masyarakat lokal di IMAAM Center
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani beserta istri Ayu Rosan merayakan Lebaran 2023 bersama diaspora Indonesia di Wisma Indonesia, Washington DC.

"Saya dan keluarga melakukan shalat Idul Fitri bersama diaspora Indonesia dan masyarakat lokal di IMAAM Center," kata Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Di AS, Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada Jumat (21/4/2023) waktu setempat atau Sabtu (22/4/2023) WIB. Perayaan Idul Fitri itu dikemas dalam bentuk halal bihalal.

Rosan mengatakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah berlangsung khidmat dan memberikan penyegaran iman dan harapan atas kehidupan yang lebih baik dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama.

"Ya Allah, terima kasih atas bulan Ramadhan yang telah Engkau anugerahkan kepada kami. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan untuk kita semua hingga dapat bertemu Ramadhan tahun depan," katanya.

Usai shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, Wisma Indonesia, yang menjadi kediaman resmi Dubes RI untuk AS, membuka pintu untuk sekitar 2.000 diaspora Indonesia merayakan Idul Fitri bersama.

"Kami berada jauh dari Tanah Air, tetapi suasana Indonesia sangat kental. Momentum halal bihalal pada Idul Fitri ini sangat penting untuk terus merawat dan memperkuat persatuan antarmasyarakat Indonesia di Amerika Serikat," katanya.

Rosan menambahkan makanan yang disajikan untuk para diaspora Indonesia, di antaranya lontong sayur, sambal goreng hati, opor ayam, sambal udang petai, dan rendang.

Disajikan juga kue khas Lebaran seperti nastar, putri salju, kastengel, dan lapis Surabaya.

Selain menikmati kuliner khas Nusantara, KBRI Washington juga membuka Gerai Pemilu untuk menjaring para diaspora, termasuk WNI, yang belum terdaftar, agar mengikuti pesta demokrasi lima tahunan pada 2024.

"Pemilu 2024 harus sukses. Semua pihak diharapkan mendukung kesuksesan seluruh rangkaian pemilu, mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya secara damai, jujur, dan transparan," kata Rosan.


Baca juga: Wapres jelaskan pada diaspora di Jepang soal ekosistem industri halal
Baca juga: BNI dukung UMKM diaspora lakukan ekspansi di Inggris
Baca juga: Menko Airlangga bertemu Dubes Amerika Serikat bahas partisipasi PGII

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023