Dharmasraya (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat  menyatakan seluruh pelayanan kesehatan yang berada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera buka selama 24 jam selama arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Pelayanan 24 jam diberikan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi mudik dan libur lebaran," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Yefrinaldi, di Pulau Punjung, Minggu.

Ia mengatakan Puskesmas Gunung Medan, Puskesmas Sialang, RSUD Sungai Rumbai dan RSUD Sungai Dareh adalah layanan kesehatan yang berada di Jalan Nasional Dharmasraya yang akan dilewati pemudik dari arah Jawa dan daerah lainnya.

Oleh sebab itu, Pemkab meminta manajemen rumah sakit umum daerah yang menjadi rumah sakit rujukan untuk memastikan, dokter, petugas kesehatan, dan alat kesehatan siap melayani masyarakat, khususnya pemudik.

"Ini sudah kita koordinasikan dengan manajemen RSUD maupun puskemas yang berada di jalur nasional, kita ingin pastikan pelayanan kesehatan diberikan secara maksimal ke masyarakat selama cuti Lebaran," katanya.

Baca juga: Dinkes Dharmasraya pastikan layanan kesehatan buka 24 jam

Baca juga: Pos Pengamanan Druwo Bantul sediakan layanan kesehatan bagi pemudik


Selain itu, kata pelayanan status gawat darurat dan rawat inap di seluruh puskesmas juga buka 24 jam selama arus mudik dan cuti Lebaran Idul Fitri1444 Hijriah.

"Selain RSUD, pelayan 14 puskesmas
juga berjalan seperti biasa, kita pastikan akan ada tenaga kesehatan yang berjaga, terutama beberapa puskesmas yang berada di lokasi strategis atau di pinggir jalan raya diprioritaskan untuk berjaga ekstra," ungkap dia.

Kemudian, kata dia Dinkes juga memastikan pelayanan kesehatan di posko mudik Lebaran, berdasarkan koordinasi dengan pihak terkait ada ada dua posko pengamanan, satu posko pelayanan, satu posko yang disiagakan.

"Di pos pelayan kita tempatkan tenaga kesehatan dan fasilitas ambulan yang siap melayani pemudik selama 24 jam, khusus penanganan tanggap darurat," ujarnya.

Sementara, Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah mengemukakan pihaknya mengerahkan ratusan personel gabungan terdiri TNI, Polri, Dinas Kesehatan, BPBD, dan Dinas Perhubungan untuk pengamanan arus mudik dan balik lebaran di wilayah setempat, kata dia

Pada Idul Fitri 1444 Hijriah, Polres menyiagakan empat pos, masing-masing pos pengamanan di Punjung Punjung dan Sungai Rumbai, pos pelayanan di Gunung Medan, dan pos Pantau di Masjid Agung Dharmasraya. Pengamanan dengan sandi Operasi Ketupat Singgalang mulia digelar 18 April sampai 1 Mei 2023.

Ia mengimbau agar para pemudik mempersiapkan kondisi kendaraan serta kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan mudik. Ini penting guna menciptakan suasana mudik yang tertib, aman, dan lancar.

"Oleh karena itu sangat diharapkan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat yang akan mudik, dalam menciptakan suasana mudik yang tertib, aman, dan lancar," tambah dia. 

Baca juga: Pos Kesehatan di Gadog siapkan vaksin untuk pemudik

Baca juga: BPJS Kesehatan jamin akses pelayanan di masa libur lebaran

 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023