Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tunis menggelar shalat Idul Fitri dan Halal Bihalal bersama warga negara Indonesia (WNI) di Tunisia pada Sabtu (22/4).

Pada acara halal bihalal itu, Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah momen kebersamaan dan kebahagiaan, menurut keterangan KBRI Tunis yang diterima pada Minggu.

"Pada hari ini, kita semua melaksanakan Shalat Idul Fitri untuk memulai episode baru dalam kehidupan mendatang dengan semangat kebersamaan dan kebahagiaan," kata Dubes Zuhairi.

"Pada hari yang berbahagia ini, gema takbir berkumandang sebagai ekspresi pengakuan dan komitmen kita semua bahwa pada hakikatnya kita adalah hamba Allah yang harus senantiasa mengagungkan Allah," ujarnya.

Menurut Zuhairi, KBRI Tunis dalam melaksanakan tugas-tugas diplomasi kenegaraan pada hakikatnya hanya ingin menjunjung keagungan Allah dengan cara memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik bagi bangsa, rakyat, negara, dan dunia.

Sementara Muhammad Shaleh Amien, yang menjadi khatib dalam shalat Idul Fitri berjamaah di KBRI Tunis, menegaskan pentingnya ibadah puasa Ramadhan untuk dijadikan modal sosial untuk menyongsong Idul Fitri dan kehidupan pada hari-hari mendatang.

"Puasa mengajarkan kita agar taat kepada Allah dan menempa kesabaran, sehingga kita menjadi manusia yang paripurna serta siap menyambut Idul Fitri dengan suka-cita dan penuh kegembiraan. Puasa akan menjadikan manusia yang siap lahir dan batin untuk menebarkan kebajikan pada sesama," ujar Shaleh, yang adalah mahasiswa kandidat doktor di Universitas Zaitunah.

Kegiatan Halal Bihalal para WNI di Tunisia itu diisi dengan ramah-tamah sambil menyantap kuliner khas Nusantara, seperti opor, rendang, lontong, dan kue-kue lainnya.

Baca juga: Ribuan umat Islam rayakan Idul Fitri di Manila
Baca juga: Toleransi dalam perayaan Idul Fitri di Singapura
Baca juga: KBRI Bangkok sajikan penganan khas Lebaran untuk obati rindu tanah air

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023