Masyarakat yang kemarin melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan roda dua dan membawa anak diharapkan memerhatikan kondisi anak bila hendak melakukan perjalanan arus balik nanti
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mengajak masyarakat yang hendak milir (arus balik pemudik) pengguna kendaraan roda dua untuk memerhatikan kondisi kesehatan anak pada perjalanan arus balik Lebaran 2023.

"Masyarakat yang kemarin melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan roda dua dan membawa anak diharapkan memerhatikan kondisi anak bila hendak melakukan perjalanan arus balik nanti," kata Kepala Dinkes Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan sebelum melakukan perjalanan kembali ke daerah masing-masing pada arus balik kali ini, diharapkan pemilir telah memastikan kesehatan anak dengan rinci.

"Kesehatan dan kondisi anak harus dipastikan sebelum berangkat, jika tidak dalam kondisi baik jangan tetap dipaksa untuk melakukan perjalanan. Sebab akan berbahaya dan berisiko menyebabkan kelelahan serta perburukan kondisi pada anak," katanya.

Menurut dia bila pemilir dalam perjalanan mengalami kelelahan, sebaiknya segera beristirahat di posko yang tersedia di beberapa titik jalan pada arus balik.

"Segera berhenti untuk beristirahat kalau dirasakan sudah kelelahan membawa kendaraan bermotor, sudah disediakan berbagai fasilitas di posko. Bila tiba-tiba kurang enak badan bisa memeriksakan diri ke petugas kesehatan yang berjaga di posko, disana juga bisa mendapatkan penyuluhan tentang kesehatan," katanya.

Ia mengatakan dengan tetap memastikan kondisi anak selama perjalanan arus balik Lebaran diharapkan perjalanan masyarakat terutama pengguna sepeda motor dapat berjalan lancar tanpa kendala.

"Anak ini posisinya hanya pengikut jadi harus terus dijaga keselamatannya, bisa saja setelah melakukan perjalanan jauh mereka kelelahan. Jadi dengan memperhatikan ini harapannya di arus balik ini pemilir bisa melakukan perjalanan dengan aman nyaman berkesan," demikian Reihana.

Baca juga: 120 sepeda motor pemudik Lampung Timur dititipkan ke kantor polisi

Baca juga: Gubernur Lampung minta pastikan kenyamanan pemudik motor

Baca juga: Pemudik motor asal Lampung apresiasi pelayaran rute Ciwandan-Panjang

Baca juga: Dishub Lampung sebut pemudik motor akan dapat pengawalan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023