Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyediakan satu unit ambulans di kawasan monumen nasional (Monas) selama libur Lebaran untuk melayani kebutuhan darurat kesehatan pengunjung.

Seorang petugas kesehatan Dinkes DKI di Jakarta, Senin, , Ambarawati mengatakan pelayanan kesehatan darurat yang disediakan di tempat adalah pelayanan darurat.

Ia bersama seorang petugas lainnya, Recky berdinas dari pukul 08.00 - 14.00 WIB. Selanjutnya akan digantikan oleh petugas selanjutnya.

Jika ada yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat, lanjut Ambrawati, tidak hanya di wilayah Monas, tetapi juga seluruh wilayah DKI, maka silahkan hubungi "call centre" 119 untuk mendapatkan bantuan segera.

Baca juga: Pemprov DKI gelar Monas Week dan pentas seni hingga 30 April

"Jadi, kalau ada yang memerlukan pertolongan kesehatan cepat, maka kami akan terlebih dahulu memberikan pertolongan pertama," katanya.

Kemudian, lanjut dia,  sesuai protokol, dengan mempertimbangkan kondisi pasien, pelayanan kesehatan akan dilanjutkan ke rumah sakit.

Ambarawa menuturkan, beberapa item atau fasilitas pelayanan kesehatan yang disiapkan seperti, oksigen, infus dan obat-obatan.

"Insya Allah peralatan kedaruratan sudah lengkap. Karena memang protokol penugasan kami dikhususkan untuk melayani masalah kesehatan darurat," ungkap Ambrawati.

Baca juga: Omzet pedagang Pasar Lenggang Monas meningkat drastis

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023