saya minta tolong tetap menggunakan masker
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur melakukan peninjauan di sejumlah destinasi wisata yang ada di wilayah Kota Batu, Jawa Timur pada masa libur Lebaran 2023, Senin.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Kota Batu, mengimbau para wisatawan untuk tetap menjaga protokol kesehatan penanganan COVID-19, terutama bagi para lansia yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

"Hari ini rupanya belum selesai betul pandemi COVID-19. Jika merasakan gejala, saya minta tolong tetap menggunakan masker, terutama yang komorbid dan lansia. Tolong bisa saling menjaga dengan baik," kata Khofifah.

Dalam kesempatan itu, Khofifah mengunjungi Museum Angkut di Kota Batu. Di Museum Angkut, Khofifah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf mengunjungi Galeri Polri Presisi.

Galeri Polri Presisi merupakan wahana eduwisata yang ada di Museum Angkut Kota Batu, dimana pengunjung yang datang akan diberikan wawasan terkait dengan Kepolisian Republik Indonesia.

Baca juga: H+1 Lebaran, ribuan warga Lampung Selatan padati objek wisata WTC
Baca juga: Kedatangan wisatawan ke pantai membludak polisi rekayasa arus lalin

Kemudian, Gubernur Khofifah dan Forkopimda Jatim juga melihat beberapa kendaraan yang digunakan oleh kepolisian Republik Indonesia pada pasca-kemerdekaan untuk patroli maupun pengawalan.

Selain itu, Forkopimda Jawa Timur juga melihat pada zona yang memperkenalkan lambang Polri dan maknanya, undang-undang yang menjelaskan tugas pokok Kepolisian Republik Indonesia, hingga biografi Kapolri dari masa ke masa.

"Di sini bagus sekali untuk memberikan edukasi kepada anak-anak dan masyarakat mengenai kepolisian kita. Seperti apa sejarahnya, kiprahnya dan sebagainya," katanya.

Usai melakukan kunjungan ke Museum Angkut tersebut, Forkopimda Jawa Timur juga melakukan peninjauan di Jawa Timur Park 1. Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menyempatkan diri untuk berfoto bersama wisatawan yang ada di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Hermanto menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan antisipasi arus mudik termasuk adanya peningkatan kunjungan wisatawan di wilayah Kota Batu.

"Tidak ada kemacetan arus lalu lintas. Ini karena tahun ini kita berlakukan upaya manuver buka tutup akses jalan sehingga bisa mengurai kemacetan,"katanya.

Baca juga: Kawasan Wisata Cikao Park Purwakarta ramai saat libur lebaran
Baca juga: Lebaran kedua, ribuan pengunjung padati objek wisata Pantai Hunimua


Sebagai informasi, Kepolisian Resor (Polres) Batu menerapkan skema arus lalu lintas satu arah menuju Kota Wisata Batu, Jawa Timur untuk mengurai kepadatan akibat peningkatan kendaraan yang menuju wilayah tersebut.

Pemberlakuan arus lalu lintas satu arah itu bertujuan untuk mengurai kepadatan yang terjadi di Simpang Pendem, Kota Batu akibat kendaraan yang masuk dari Kabupaten dan Kota Malang.

Arus kendaraan yang melintas di Simpang Pendem akan berlaku satu arah sepanjang Jalan Ir. Soekarno hingga Simpang Tiga Jalan Dewi Sartika Kota Batu, selama kurang lebih satu jam pada saat mulai terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Sementara untuk kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Kota Batu, lanjutnya, diarahkan menuju jalur alternatif diantaranya melalui Oro-Oro Ombo, Bendo dan Wukir untuk menuju wilayah Kabupaten Malang atau Kota Malang.

Baca juga: Objek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu masih dipadati wisatawan
Baca juga: Dispar: 34.501 wisatawan masuk Gunungkidul dalam tiga hari
Baca juga: Balai Besar TNBTS tetapkan kuota wisatawan Bromo saat libur Lebaran

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023