akan terus melakukan pengawasan secara bergantian di objek vital maupun tempat wisata
Palu (ANTARA) -
Personel Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Palu membantu kegiatan warga sejumlah tempat wisata di Provinsi Sulawesi Tengah di momen libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Pengunjung di sejumlah objek wisata cukup ramai. Kami melakukan pemantauan untuk menjaga kemungkinan bila terjadi situasi yang buruk," kata Kepala Subseksi Operasi dan Siaga SAR Kansar Palu di Palu, Senin.
 
Ia mengemukakan, objek wisata yang dilakukan pemantauan oleh tim SAR yakni Pantai Tanjungkarang Kabupaten Donggala, Pantai Bontolan Banggai Laut, Pantai Luwuk Kilo 5, Pantai Lalos Tolitoli, Pantai wisata Sail Tomini Parigi, jalan Trans Sulawesi dan Morowali dengan situasi yang kondusif.

Baca juga: Kedatangan wisatawan ke pantai membludak polisi rekayasa arus lalin
 
Kegiatan patroli dilakukan dengan menggunakan alut SAR Rigid Inflatable Boat (RIB) dan rubber boat atau perahu karet, selain itu beberapa personil bersiaga di pinggir pantai.
 
"Kami berharap pengunjung tidak melalaikan aturan di masing-masing objek wisata. Aturan di terapkan ini untuk menjaga keselamatan wisatawan," ujarnya.
 
Ia menambahkan, selain pengawasan objek wisata, siaga SAR khusus lebaran juga dilaksanakan di objek-objek vital seperti pelabuhan, terminal, bandar udara maupun jalur mudik, yang mana giat ini berlangsung hingga 3 Mei 2023. Personel Kansar dibantu potensi SAR lainnya.
 
"Selama masa siaga, personel kami akan terus melakukan pengawasan secara bergantian di objek vital maupun tempat wisata, termasuk giat patroli. Kami juga siap mendukung kelancaran arus balik," ucap Andi.

Baca juga: Destinasi wisata Bantul dikunjungi 40.489 orang pada tiga hari Lebaran

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023