Rencananya hari Senin (24/4) ini akan dievakuasi oleh KBRI. Informasinya menunggu konfirmasi bus yang akan membawa kami ke Port Sudan dengan waktu tempuh sekitar 8-10 jam,
Makassar (ANTARA) - Sekitar 40 orang mahasiswa Indonesia asal Sulawesi Selatan (Sulsel) akan ikut dievakuasi pada tahap II dari Sudan setelah terjadi perang saudara antara paramiliter Rapid Support Force (RSF) dan militer Sudan, yang terus memburuk di Ibu Kota Khartoum.

"Rencananya hari Senin (24/4) ini akan dievakuasi oleh KBRI. Informasinya menunggu konfirmasi bus yang akan membawa kami ke Port Sudan dengan waktu tempuh sekitar 8-10 jam," kata salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang menimba ilmu di Fakultas Tarbiyah International University of Africa Sudan asal Sulsel,  Syakir Syafruddin melalui panggilan video dari Khartoum, Sudan pada konferensi pers evakuasi WNI di Sudan yang digelar di Makassar, Senin.

Ia menjelaskan puluhan mahasiswa tersebut akan ikut evakuasi tahap II setelah dilakukan evakuasi tahap I kepada sekitar 538 orang warga negara Indonesia yang ada di Sudan.

Syakir mengemukakan bahwa dia bersama puluhan temannya dari Sulsel tengah berkumpul di Sekretariat Wahdah Islamiyah.

"Kemarin sempat ada tentara yang menggedor-gedor pintu tapi kami tidak buka," kata Syakir berkisah dari panggilan video yang kondisinya tidak begitu stabil

Syakir memang mengeluhkan jaringan internet dan telepon kurang bagus sejak peperangan berlangsung. Ia juga mengaku cadangan makanan yang tersedia hanya sampai hari ini.

Maka dari itu, ia berharap seluruh teman-temannya dan WNI lainnya bisa segera dievakuasi. Evakuasi tahap I telah dilakukan, mengutamakan anak-anak, perempuan hamil dan lansia.

Adapun waktu tempuh dari tempat Syakir ke Port Sudan sekitar 8-10 jam sedangkan dari Port Sudan menuju Jeddah, Arab Saudi sekitar 10-12 jam. Jadi dibutuhkan setidaknya 22 jam untuk berada di kondisi aman.

Soal keamanan kapal feri, dimungkinkan kapal yang terjamin keamanannya oleh Kementerian Luar Negeri RI.

"Karena ini kondisi darurat, jadi mereka kita minta hanya membawa ransel dan paspor mereka, khususnya para pelajar ini," kata Ketua Ikatan Alumni Sudan Bidang 1 Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Muhammad Fakhrurrazi Anshar menambahkan.

Saat ini, WNI yang telah dievakuasi tahap I tengah menunggu di Port Sudan untuk diberangkatkan dengan moda transportasi laut atau kapal feri menuju Jeddah. Mereka masih menunggu kedatangan WNI yang dievakuasi tahap ke 2 untuk sama-sama diberangkatkan ke Jedah.

Pihaknya mengapresiasi Kemenlu RI dan KBRI di Sudan untuk Indonesia yang mengupayakan kepulangan WNI dari Sudan.

"Pemerintah Pusat telah berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi, termasuk di Jedah untuk menyambut dan memberikan keamanan kepada WNI yang akan diberangkatkan ke Jedah, lalu diberangkatkan kembali ke Tanah Air," demikian Muhammad Fakhrurrazi Anshar ​​​​​​​.

Baca juga: Menlu: 538 WNI dievakuasi dari Sudan melalui Jeddah

Baca juga: WNI di Sudan diimbau melapor ke KBRI untuk dievakuasi

Baca juga: Sebanyak 298 WNI di Sudan akan dievakuasi pada tahap kedua

Baca juga: Warga negara asing dievakuasi dari Sudan, beberapa terluka



 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023