Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Khartoum menyelenggarakan Pelatihan "Da’i Entrepreneur" untuk membekali para mahasiswa Indonesia di Sudan dengan pola pikir kewirausahaan.

Pelatihan Da’i Entrepreneur bertema "Aku Mahasiswa Indonesia Bermindset Entrepreneur, Berahlaq Mulia dan Berintegritas" itu diikuti oleh 100 mahasiswa Indonesia di Khartoum, demikian diungkapkan KBRI Khartoum  dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Para peserta sebelumnya diwajibkan membuat makalah yang merupakan persyaratan untuk lolos seleksi mengikuti pelatihan tersebut.

"Pelatihan ini bukan hanya bentuk upaya dan kepedulian KBRI Khartoum dalam membina dan bersinergi dengan WNI di Sudan, dalam hal ini mahasiswa di Sudan, tetapi juga merupakan upaya untuk memberikan bekal kemandirian pribadi yang tidak diperoleh di bangku kuliah mereka," kata Duta Besar RI untuk Sudan, Rossalis R. Adenan.

Menurut Dubes Rossalis, pelatihan kewirausahaan itu bertujuan mendorong mahasiswa Indonesia di Sudan, setelah menyelesaikan pendidikan, untuk dapat berkontribusi bagi pembangunan Indonesia, salah satunya dengan menjadi wirausahawan yang ikut menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Dalam pelatihan tersebut, motivator sekaligus pelatih kondang Indonesia Legisan Samtafsir memberikan sejumlah materi terkait dengan cara-cara membentuk pola pikir seorang wirausahawan dan menanamkan integritas pribadi.

Pelatihan itu merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Sudan sehingga mendapat sambutan yang positif dari para peserta.

"Bekal dan motivasi yang diberikan padat, bermakna serta menggugah semangat dan misi mahasiswa Indonesia di Sudan untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara," ujar salah satu peserta pelatihan.

Para peserta juga berharap agar nantinya kegiatan serupa dapat diselenggarakan kembali mengingat manfaat baik yang diperoleh oleh para peserta dan masih banyaknya mahasiswa Indonesia di Sudan yang belum sempat untuk berpartisipasi.  

Baca juga: WNI di Sudan gelar Nusantara Games 2016
Baca juga: KBRI Khartoum sediakan bus antar-jemput untuk silaturahim

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019